10 Tips Bijak Bagaimana Anda Bisa Berhasil dan Mapan

Posted on Updated on

Beberapa hari yang lalu saya sedang membersihkan “ruang peristirahatan” saya yang mungil dan menemukan sebuah kertas berukuran seperempat buku tulis dan hanya terdapat 4 halaman.

Buku tersebut mengingatkan saya dengan perkataan seorang teman saya yang pada saat itu saya meremehkan isi dari buku kecil tersebut. Saya bilang “apa ini isinya.. terlalu hiperbola.. kaya scr instan.. “. Lalu teman saya itu bilang “Hei.. jangan remehkan buku kecil ini. Ini isinya sangat luar biasa”. Karena penasaran, lalu saya bawa saja buku itu, saya baca, saya lupakan, lalu saya letakkannya begitu saja di lemari *buat koleksi*.

Judul buku tersebut “Bagaimana bisa BERHASIL di USIA 30-an dan MAPAN di USIA 40-an?”….

Seperti kebanyakan orang berpikir bahwa pasti isi buku itu ya itu-itu aja.. bisnis yang menjanjikan cepat kaya dlsb.

Oke.. mari kita cermati saja isinya….

10 Tips Bijak

1. Tanamkanlah keyakinan yang kuat pada dirimu bahwa kamu punya kemampuan dan kesempatan untuk berhasil dan menjadi kaya. Kalau sekarang kamu berusia dua puluh tahunan, kamu masih punya waktu sepuluh tahun untuk melakukan banyak hal untuk mewujudkan impianmu.

2. Pastikan bahwa keberhasilan dan kekayaan yang kamu inginkan itu bukan untuk memuaskan nafsu dan menyombongkan diri, tapi untuk tujuan-tujuan yang mulia. Ini penting untuk menghindari kamu melakukan cara-cara yang salah dan serakah dalam meraih keinginanmu.

3. Meskipun keberhasilan dan kekayaan ukurannya adalah uang atau materi, tapi berusahalah untuk mengimbanginya dengan kekayaan yang bersifat spiritual, seperti KEMURAHAN HATI, KERENDAHAN HATI, KETAATAN DALAM BERIBADAH, dsb.

4. Kalau tiga hal di atas sudah tertanam dalam hatimu, maka langkah berikutnya adalah membayangkan dirimu sudah mengalami keberhasilan yang kamu inginkan. Lakukanlah itu setiap hari dan sesering mungkin. Ini bukan sekedar lamunan kosong, tapi suatu upaya pengerahan pikiran alam bawah sadar untuk membantu mewujudkan impianmu menjadi kenyataan. Berlakulah seolah-olah kamu sudah kaya raya dengan perilaku yang baik, tidak sombong, rendah hati dan empati.

5. Persiapkanlah dirimu sebaik mungkin – baik fisik maupun mental – dengan melakukan hal-hal yang akan menunjang keberhasilanmu. Jadilah pelajar atau mahasiswa yang baik, bertanggung jawab, disiplin, membangun jaringan persahabatan yang luas dan pergunakanlah waktu dengan efektif. Ingatlah bahwa waktu adalah asset penting yang kamu miliki.

6. Kalau ada kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidupmu, ambillah kesempatan itu. Misalnya kesempatan untuk mengikuti seminar pengembangan diri, atau kesempatan berbisnis.

7. Belajarlah berani menghadapi masalah sesulit apapun dan mencari solusi terbaik, berani menghadapi kegagalan dengan hati yang besar, berani mengambil risiko yang sudah diperhitungkan, berani mengatasi hambatan dan tantangan. Semakin banyak kesukaran yang kamu hadapi, semakin baik bagi pengembangan dirimu.

8. Beramallah. Belajarlah berbuat baik kepada orang dengan uang yang kamu miliki. Ini merupakan latihan yang sangat efektif untuk mengendalikan uang dan melepaskan diri dari keterikatan akan uang. Kalau kita tidak bisa mengendalikan uang, maka uanglah yang akan mengendalikan kita.

9. Mulailah melangkah dari tangga yang paling bawah. (Untuk mencapai anak tangga yang paling tinggi harus selalu dimulai dengan menginjakkan anak tangga paling bawah). Tidak ada salahnya kamu mulai bekerja untuk mendapatkan uang. Tapi setelah mendapatkan cukup uang, mulailah memikirkan bisnis, sekecil apapun. Setelah bisnis berkembang, mulailah belajar berinvestasi.

10. Teruslah berusaha untuk mewujudkan impianmu menjadi kenyataan. Ingatlah selalu bahwa tidak ada jalan pintas menuju keberhasilan dan kekayaan. Hidup hanya satu kali, dan waktu yang sudah berlalu tidak bisa kembali. Jangan biarkan hambatan apapun memadamkan semangatmu untuk sampai pada tujuan. Lakukanlah yang TERBAIK yang bisa kamu lakukan, dan mintalah pertolongan TUHAN untuk memberi kelancaran.

Semoga bermanfaat!

12009 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons