10 Usaha Online Dari Rumah

Posted on Updated on

Mungkin beberapa orang beranggapan bahwa usaha online itu harus :

– di pasar luar negeri

– punya banyak blog

– modal besar

– menggunakan tim / karyawan

– punya kantor

– kirim barang

– menggunakan komputer/leptop yang bagus

– koneksi internet yang cepat

– punya paypai, liberty, kartu kredit

– punya gudang

Memang beberapa usaha online ada yang seperti itu. Tapi kenyataannya juga banyak yang tidak harus seperti itu.

Ada banyak usaha online untuk pasar lokal di Indonesia yang bisa Anda jalankan dari rumah tanpa harus memiliki semua yang saya tulis di atas. Yang saya tekankan adalah :

– Bisa dari rumah dan dimana saja, kapan saja

– Tidak perlu keluar rumah, meninggalkan keluarga dan terjebak macet (stress, panas)

– Tidak perlu koneksi cepat. Cukup menggunakan modem smartf*en 100rb/bln

– Tidak harus sewa ruko / kantor.

– Tempat kerjanya bisa dimana saja, bahkan di tempat berlibur sekalipun bisa.

– Tidak perlu komputer/leptop yang bagus. Cukup netbook 2jutaan.

Tidak perlu pengiriman barang

– Gunakan blackberry onyx 2 atau torch 2 untuk memudahkan Anda berinteraksi dengan klien dan dunia online (BBM, email, YM, gTalk, twitter, facebook, LINE, WeChat, Whatsapp). Smartphone satu ini masih tetap powerfull untuk keperluan bisnis, terutama BBM.

 

Berikut ini 10 usaha online rumahan yang bisa Anda mulai sekarang juga :

1. Content Writer (Penulis artikel)

Saya menempatkan usaha content writer / penulis artikel di tempat pertama bukan tanpa alasan. Mayoritas usaha online adalah usaha berbasis informasi. Orang membuka google tujuannya adalah untuk mencari informasi. Sementara banyak orang yang punya blog dan punya modal tapi mereka tidak punya kemampuan dan waktu untuk menulis. Inilah pasar Anda!

Jika Anda punya hobi menulis, Anda bisa mendapatkan uang dari sini dengan cepat. Tentunya jika Anda sudah tahu jaringannya.

Selain menulis untuk orang lain, kenapa tidak Anda menulis untuk blog Anda sendiri?!  Tidak perlu banyak blog. Cukup satu blog yang fokus dengan satu tema. Contohnya adalah blog adabisnis.com ini, yang saya tulis sendiri khusus membahas tentang bisnis. Sudah hampir 5 tahun blog ini menginspirasi banyak orang, termasuk Anda mungkin :)

 

2. Jasa SEO (Search Engine Optimization) dan Review

SEO sebenarnya simple, tapi tidak banyak orang mau menekuninya sendiri. Inilah pangsa pasar yang harus Anda tangkap. Anda bisa menggali lebih dalam di tempat belajar online seperti seoacademy.co, imarketing.co.id, imers.co.id dll. Dengan mengetahui teknik SEO yang benar, maka Andapun dapat dengan mudah menjual  apa saja di internet.

Ada lagi yang menjual jasa review seperti : mlapak.com dan indobis.net. Konsepnya adalah menulis artikel untuk web klien, kemudian mengoptimasinya sehingga web klien tersebut kebanjiran traffic.

 

3. Jasa Pembuatan Web dan themes (menjual themes/template dan plugins)

Sampai kapanpun, usaha pembuatan web tidak akan ada matinya.

Anda bisa menawarkan jasa pembuatan web company profile, blog, toko online, dlsb.

Jika Anda punya kemampuan membuat themes, kenapa tidak dijual ? ada banyak contoh pembuat themes di indonesia yang cukup sukses. Seperti : okethemes.com dan theme-id.com.

 

4. Jasa Desain Grafis dan video  (logo,banner, video marketing dlsb)

Mungkin Anda pernah dengar fiverr ? atau tempat kontes desain di luar negeri ? Di Indonesia pun sebenarnya ada yang seperti itu. Tapi tidak ada salahnya jika Anda membuka web sendiri yang menyediakan khusus jasa tersebut.

Anda yang punya kemampuan desain, atau punya teman/saudara jago desain, cobalah peluang ini.

 

5. Jasa hosting dan email marketing

Nah inilah usaha yang sudah saya rintis dari 4 tahun yang lalu. Seorang mentor saya berkata ” “sampai kapanpun di dunia online, tetap butuh web. Dan untuk bikin web, perlu hosting”. Jadi ini merupakan usaha yang bisa bertahan lama, tentunya dengan pengelolaan yang baik dan bijak.

Contoh penjualan hosting seperti www.klikhost.com.

Sementara itu, saya melihat banyak pemilik toko online yang masih belum memanfaatkan email sebagai sarana follow up. Untuk itulah saya buat layanan autoresponder berbayar bernama viosender.com.

 

6. Jasa perbaikan web, pengelolaan web dan pindah hosting

Pasar ini lumayan banyak. Anda bisa cari pembelinya di forum-forum seperti ads-id.com maupun kaskus dan diskusiwebhosting.com.

Anda bisa lihat contoh yang saya jual di ads-id.com.

 

7. Jasa order barang digital/jasa dengan pembayaran via paypai

Ini yang sudah saya lakukan dari beberapa tahun yang lalu. Hasilnya cukup lumayan.

Berawal dari seringnya orang mengalami akun paypai terlimit lalu dibekukan, maka jasa pembayaran menjadi solusinya. Contohnya bisa Anda lihat di sini.

 

8.  Jasa pembuatan aplikasi web, mobile apps dll.

Yang lagi trend saat ini adalah aplikasi android dan blackberry. Kalau Anda bisa membuatnya, maka ini adalah kesempatan Anda. Anda bisa menjual aplikasi ke orang yang membutuhkannya via web, maupun via app world / google play.

 

9. Menjual tutorial (ebook, video, membership dll)

Seorang pembicara seminar tentang marketing berkata bahwa saat ini adalah era dimana marketing berbasis komunitas. Salah satu cara membangun komunitas adalah dengan membuat sebuah forum, baik gratis maupun berbayar.

Yang berbayar sebagai contoh adalah belajarbisnisinternet.com, asianbrain.com, indomembership.com, seoacademy.com dll. Yang gratis seperti : ads-id.com.

Dengan membuat komunitas berbayar, maka tentunya Anda sudah mendapatkan list pembeli potensial (punya daya dan minat beli pada setiap produk yang Anda tawarkan).

Nah, kalau Anda punya keahlian tertentu, kenapa tidak menuliskannya atau menfilmkannya agar bisa dipelajari orang lain ? seperti contohnya yang dilakukan oleh A.P Setiawan dengan videohipnotis.com nya.

 

10. Jasa social networking (pengelolaan fanspage, twitter dll)

Sekarang sedang ramai-ramainya twitter dan facebook. Ada seorang teman yang berjualan baju dengan mengandalkan fanspage facebook saja. Ternyata cukup powerful.

Anda bisa manfaatkan fanspage facebook untuk berjualan.

Hampir ke 10 usaha di atas menuntut keahlian dan ketrampilan. Jadi sesuaikan saja dengan keahlian dan ketrampilan Anda.

Dan berikut ini foto ruang kerja saya di rumah :

https://lh3.googleusercontent.com/-5-0U5rwUwGI/UPJsa78Z0AI/AAAAAAAAA_g/AsQ7wKc43tM/w497-h373/royal1.jpg

 

Semoga bermanfaat! :beer:

7373 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons