16 Elemen Yang Harus Ada di Toko Online Anda

Posted on Updated on

Saat ini semakin maraknya toko online bermunculan dan semakin banyak pula orang yang gila belanja online. Ada yang berjualan hanya melalui BBM, facebook maupun forum. Tapi ada juga yang melalui web.

Tidak semua yang berjualan melalui web mengalami penjualan yang fantastis. Kebanyakan malah justru gulung tikar bahkan tidak terurus karena tidak serius maupun tidak mengerti bagaimana memaksimalkan konversi toko online itu.

Entah Anda berjualan hanya melalui blog ataupun dengan sistem shopping cart (e-cart), berikut ini 10 elemen yang wajib Anda cantumkan untuk meningkatkan konversi toko online Anda :

 

1. Tampilkan semua produk Anda di halaman depan

Pertama kali orang membuka domain Anda, maka yang dilihat adalah halaman depan. Tampilkan semua produk Anda di depan, dan buatlah semenarik mungkin dengan foto yang bagus. Karena manusia adalah makhluk visual, jadi sajikan foto produk Anda semenarik mungkin, sebaiknya lebih dari satu foto untuk satu produk.

Hal ini juga akan memberikan pengunjung dengan banyak pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Ada baiknya jika Anda membuat katalog seluruh produk Anda dalam bentuk PDF (ebook), sehingga calon pembeli bisa mendownload dan membacanya saat offline.

 

2. Kolom pencarian produk

Terkadang orang tidak mendapatkan apa yang mereka cari di halaman depan. Tapi mereka akan berusaha mencarinya lagi di web Anda. Inilah fungsi adanya kolom pencarian. Lebih bagus lagi kalau kolom pencarian itu berdasarkan harga, kategori produk dll, sehingga lebih spesifik.

 

3. Cantumkan harga dan spesifikasi produk dengan jelas

Beberapa toko online yang saya lihat, mereka malu-malu untuk mencantumkan harga dan detail produk secara lengkap. Sehingga calon pembeli harus menghubungi mereka via email atau telfon, atau kemungkinan besar akan langsung menutup halaman toko online tersebut.

Kejelasan harga dan spesifikasi produk sangat penting agar calon pembeli tidak perlu tanya-tanya lagi. Hal ini tentunya juga akan meringankan pekerjaan Anda.

 

4. Tombol order (Add to Cart) dan cara order

Calon pembeli sudah tertarik dengan produk Anda, tapi mereka bingung mencari tombol untuk order. Sehingga buatlah tombol order Anda kelihatan jelas, kontras, besar dan mengandung “call to action”.

Juga buatlah satu halaman berjudul “cara order”. Jelaskan satu persatu proses ordernya sehingga calon pembeli bisa dengan mudah mengikutinya.

 

5. Cantumkan garansi kepuasan

Untuk mengikis keragu-raguan calon pembeli, berikan pernyataan garansi yang jelas. Misal, garansi 30 hari atau garansi uang kembali jika barang tidak sesuai dengan pesanan  (Cacat dlsb).

 

6. Review dan testimoni

Kita merupakan makhluk sosial yang membutuhkan pendapat dari orang lain. Itulah penting adanya review dan testimoni. Review yang bagus tentu akan semakin meningkatkan hasrat calon pembeli. Sedang testimoni akan lebih meningkatkan kepercayaan terhadap toko online Anda.

 

7. Produk yang berhubungan

Kesempatan Anda untuk meraih lebih banyak lagi penjualan yaitu dengan menyediakan produk yang berhubungan dengan produk yang dipilih oleh calon pembeli. Misalnya produk-produk pelengkap (cross selling) dan produk yang lebih bagus dibanding dengan produk yang mereka sedang pilih (up selling).

 

8. Promo

Setiap kita pasti senang dengan yang namanya diskon. Untuk produk-produk dimana Anda mempunya stok banyak atau cocok dengan momen-momen tertentu (seperti lebaran, natal, imlek, valentine), Anda bisa memberikan diskon khusus.

Anda juga bisa menawarkan “gratis biaya pengiriman” dengan minimum order tertentu. Misalnya : minimal order Rp. 200.000,- gratis biaya pengiriman.

 

9. Nomer HP

Jangan menganggap semua orang itu sama. Ada beberapa orang yang gaptek. Mungkin mereka baru pertama kali membeli di toko online, sehingga bingung bagaimana cara ordernya. Inilah pentingnya menaruh nomer HP di web Anda agar mereka bisa menghubungi Anda. Permudah juga cara order melalui sms.

Ada baiknya jika nomer HP yang Anda cantumkan adalah nomer cantik, sehingga akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

Nomer HP yang sebaiknya Anda miliki untuk bisnis adalah : Telkomsel (simpati/AS/Halo), IM3, XL, Flexi.

 

10.  Cara Pembayaran

Permudah pembayaran dengan menyediakan beberapa alternatif, seperti melalui bank, western union, ipaymu, escrow maupun paypal.

Untuk pembayaran melalui bank, ada 4 bank yang saya rekomendasikan untuk Anda miliki : BCA, Mandiri, BNI, BRI.

 

11. Live Chat

Livechat sangat penting sekali. Ada banyak calon pembeli yang mereka baru beli setelah memastikan apa yang ada di benak mereka. Mereka perlu bertanya-tanya terlebih dahulu. Inilah fungsi live chat. Permudah mereka bertanya-tanya kepada Anda dengan  : olark / zopim, gtalk, YM, BBM, Whatsapp, LINE weChat.

 

12. Produk unggulan dan terlaris

Tampilkan apa saja produk yang menjadi unggulan toko online Anda dan terlaris. Ini akan mengarahkan calon pembeli untuk segera membelinya.

 

13. Status order

Jika Anda menjual barang dalam bentuk fisik, ada baiknya jika menampilkan status order. Di status order itu bisa Anda tampilkan : nama pembeli, alamat, nomer resi pengiriman.

Pembeli bisa mengecek resi pengirimannya di web kurir, misalnya jne.co.id.

 

14. Social network

Sebaiknya Anda juga memiliki fanspage di facebook dan twitter. Ini akan menjaring mereka yang terbiasa nongkrong di kedua social media tersebut.

Selain itu, ternyata fans page dan twitter mudah sekali terindex oleh google. Jadi ini juga akan menjadi kesempatan Anda untuk mencari traffic.

Anda bisa update promo, atau sekedar menyapa fans Anda. Hal ini akan meningkatkan interaksi dengan mereka.

 

15. Autoresponder

Tidak semua pengunjung toko online langsung tertarik dengan produk-produk yang Anda tawarkan. Untuk itu, segera tangkap mereka dengan optin autoresponder. Anda cukup menawarkan bonus berupa ebook atau tips tips via email.

Anda bisa menggunakan layanan autoresponder berbayar seperti viosender.com.

 

16. Tampilkan halaman tentang Anda

Pepatah bilang “tak kenal maka tak sayang”. Tampilkan profil toko online Anda sehingga mereka bisa terasa lebih dekat. Jika Anda seorang profesional, seperti ahli hukum, dokter dlsb, tampilkan gelar Anda. Hal itu akan meningkatkan kepercayaan pengunjung.

Di halaman ini juga tampilkan alamat lengkap usaha Anda dan nama legalnya (badan usaha) jika ada.

Foto Anda, foto resi yang sudah pernah dikirim, foto kantor Anda, sangat penting untuk ditampilkan.

9484 Total Views 1 Views Today

One thought on “16 Elemen Yang Harus Ada di Toko Online Anda

    Toko Online Baju Murah said:
    Mei 12, 2015 at 11:55

    Wah tipsnya lengkap banget mas, saya akan coba aplikasikan ke 16 elemen di atas pada toko online baju murah milik saya. Semoga dengan menerapkan elemen – elemen ini toko online kita bisa makin JOSS

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons