3 CMS Untuk Media Online Yang Harus Anda Kuasai

Posted on

Kemampuan sebagai pembuat web dan pengembang web (web desainer & web developer) merupakan profesi yang menjanjikan. Bayangkan akhir-akhir ini banyak sekali berkembang media online – media online baru di tanah air. Setiap hari tumbuh start-up media baru.

Tidak usah muluk-muluk untuk mendaftar di perusahaan raksasa, Anda bisa memulai dengan menjual jasa pembuatan web maupun pengembangan / maintenance web. Atau Anda sendiri yang membuat web untuk media online Anda. Untuk itu setidaknya ada 3 CMS yang harus Anda kuasai. CMS adalah singkatan dari Content Management System, yaitu website berbasis database yang bisa diupdate setiap hari dengan adanya halaman back end/administrator di dalamnya.

3 CMS itu adalah :

1. WordPress

WordPress yang dimaksud di sini adalah wordpress self hosted. Sudah banyak media online yang menggunakan CMS wordpress, salah satunya yaitu : techcracky.com, mashable.com dll.

WordPress menawarkan kemudahan dalam pengelolaan. Tidak seribet menggunakan joomla. Tentunya juga didukung dengan engine yang terus up to date.

Sebaiknya Anda juga harus belajar mengenai security wordpress karena sangat rentan untuk diretas (dihack).

Official site : www.wordpress.org

2. Joomla

Joomla merupakan CMS yang banyak pula dipakai, baik untuk company profile maupun media online. Contohnya seperti : sorotnews.com, asiangrup.com.

Belajar joomla mungkin akan terasa lebih sulit ketimbang wordpress. Tapi itu hanya soal kebiasaan. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan wordpress, sebaiknya pula harus belajar joomla karena kemampuan ini juga banyak dibutuhkan.

Official site : www.joomla.org

3. Blogspot

Mungkin Anda bertanya – tanya : “Loh, kok blogspot?”. Coba Anda buka : terselubung.blogspot.com, tergaptek.com. Ini menggunakan blogspot yang notabene biasanya untuk blog :)

3 CMS di atas saya rangkum berdasar apa yang sering saya temui dan banyak dicari oleh orang-orang yang membutuhkan web developer. Sebenarnya jika Anda bisa programming, tentu Anda akan bisa dengan mudah menciptakan / membuat CMS sendiri.

Nah, jika Anda senang dengan pekerjaan membuat web dan saat ini masih hanya menguasai 1 CMS saja, saatnya Anda mulai memikirkan untuk mempelajari CMS lain. Peluang akan menanti Anda di depan!

6124 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons