Mau buat Radio Streaming ? Harga Mulai 50 rb / bulan
 
Jun
27
2010

9 Cara Untuk Merevolusi Profit Anda



Banyak pebisnis yang berpikiran bahwa dengan banyaknya omset tentunya akan lebih banyak profit yang dihasilkan. Memang benar demikian. Tetapi bukanlah profit itulah yang sebenarnya menjadi tujuan utama bisnis dibandingkan dengan omset?

Omset yang semakin membesar setiap bulannya terkadang tidak diimbangi dengan profit yang ikut naik. Hal ini bisa jadi karena Anda telah salah strategi dalam meningkatkan profit ini.

Berikut 9 cara yang bisa Anda lakukan untuk merevolusi profit Anda :

 

1. Menaikkan harga

Ini adalah hal yang paling mudah yang bisa Anda lakukan. Anda bisa menaikkan harga produk Anda, misalnya 10 % dari harga semula. Kenaikan 10 % ini akan menaikkan juga pendapatan Anda lebih dari 10 %. Misalnya harga produk Anda 100, profit 20 % adalah 20. Jika Anda menaikkan harga 10 % menjadi 110, profit Anda menjadi 30. Anda bisa lihat, sebelum dinaikkan profit Anda 20. Tapi setelah dinaikkan menjadi 30. Kenaikan profit Anda 50 % dari profit semula

Berapa kenaikan yang pantas untuk produk Anda ?

Hal ini tergantung beberapa hal, antara lain :

– Jenis produk

– Harga pesaing

– Kondisi ekonomi

– Kualitas produk

– Variasi produk, dll.

Anda bisa melakukan tes untuk mendapatkan kenaikan harga yang pantas.

Biasanya pengusaha kurang berani untuk menaikkan harga. Ia khawatir jika harga dinaikkan maka barangnya tidak laku atau omset akan menurun. Apalagi jika salesnya tahu, mereka akan berkeluh kesah kepada pimpinan, khawatir juga omset akan menurun.

Karena itu, sebelum menaikkan harga Anda harus memiliki alasan yang kuat mengapa menaikkan harga. Alasan yang kuat misalnya :

– Semua pesaing sudah menaikkan harga

– Barang Anda memiliki manfaat yang lebih besar, melebihi harga yang Anda tawarkan

– Produk Anda unik (tidak ada substitusi) dan sedikit pesaing

– Harga bahan baku naik, sehingga tidak mungkin kalau harga jual produk tidak dinaikkan, dll.

Jadi, jangan ragu untuk menaikkan harga jika hal itu akan dapat meningkatkan profit usaha dengan cepat.


2. Meningkatkan jumlah pelanggan baru

Cara kedua untuk meningkatkan profit usaha adalah meningkatkan jumlah pelanggan baru. Cara ini adalah cara yang paling umum kita lakukan, dan sepertinya cara ini banyak menyita waktu dan biaya kita untuk meraih profit.

Bagaimana cara untuk mendapatkan pelanggan baru ? berikut ini beberapa langkah yang biasa kita lakukan :

– Menambah biaya marketing dengan harapan jika biaya ditambah, maka pelanggan baru juga bertambah.
– Mencari media alternatif untuk pemasaran. Ini dilakukan jika media lama dianggap kurang efektif atau bisa juga untuk membantu media lama.

Meningkatkan pelanggan baru adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan profit Anda. Tapi jangan lupa pada langkah berikut ini ….

 

3. Meningkatkan Jumlah Pembelian Per pelanggan

Jangan hanya fokus mencari pelanggan baru, sementara pelanggan lama Anda lupakan. Pelanggan lama merupakan orang yang sudah memiliki kepercayaan kepada Anda, karena itu menjadi lebih mudah untuk mendapatkan pembelian dari pelanggan lama daripada yang baru.

Beberapa metode untuk meningkatkan jumlah pembelian per pelanggan antara lain :
Up selling, artinya menawarkan spesifikasi yang lebih besar dengan harga yang lebih mahal. Misalnya Anda menjual komputer. Seorang konsumen datang ingin membeli komputer dengan harga 2 jutaan. Maka, tawarkan komputer yang lebih tinggi spesifikasinya dengan harga yang lebih mahal tentunya. Jelaskan manfaat-manfaatnya yang sesuai dengan harapan konsumen tadi.

Cross selling, artinya menawarkan produk yang melengkapi produk utama yang dibeli pelanggan Anda. Misalnya, pembeli komputer tadi ditawari aksesoris komputer seperti mousepad, keyboard wireless, screen protector, modem dll.

Meningkatkan frekuensi pembelian. Anda bisa meningkatkan frekuensi pembelian pelanggan dalam jangka waktu tertentu. Kalau saat ini pelanggan membeli 1 tahun sekali, tingkatkan menjadi satu tahun 2 kali misalnya, atau lebih dari itu.

Yang selalu harus kita ingat adalah, biaya untuk “merawat” pelanggan lama jauh lebih rendah daripada biaya untuk mendapatkan pelanggan baru. Karena itulah di dunia bisnis Anda harus ada Customer Relationship Management (CRM).


4. Tingkatkan loyalitas pelanggan dan jadikan mereka sebagai pemasar

Anda ingin meningkatkan profit dengan cara GRATIS dan menyebar seperti virus yang tak bisa dibendung lagi ? Inilah caranya. Jadikan pelanggan Anda sebagai pemasar produk Anda.

Berawal dari kepuasan pelanggan akan produk dan pelayanan Anda, ia akan dengan sukarela menyebarkan informasi usaha Anda ke orang lain. Ini juga yang disebut pemasaran dari mulut ke mulut (mouth to mouth) atau viral marketing.

Berdasarkan penelitian, orang akan jauh lebih percaya membeli produk Anda jika ada yang mereferensikan. Dan Anda bisa membayangkan, jika satu pelanggan Anda memiliki relasi ratusan orang atau bahkan ribuan orang, berapa customer baru yang akan Anda dapatkan. Terlebih saat ini era internet (email, blog, social media).

Karena itu, kepuasan pelanggan harus Anda wujudkan di bisnis Anda. Produk dan pelayanan Anda harus mampu menjadikan pelanggan memiliki loyalitas tinggi. Dan pada akhirnya produk dan pelayanan Anda harus bisa menjadikan pelanggan sebagai pemasar Anda.

 

5. Tingkatkan pelayanan dan manfaat, bukannya diskon

Sebuah barang akan tetap berharga murah manakala tidak ada nilai tambah dari manfaatnya. Ketika sebuah barang diberi nilai tambah, maka harga barang tadi akan ikut naik seiring dengan penambahan nilai manfaat. Contohnya, kopi di pasar adalah komoditas yang harganya murah. Tapi setelah kopi dijual di Starbuck, nilainya akan manfaatnya bertambah dan harganya melambung tinggi.

Apapun barang atau jasa yang Anda miliki saat ini, silahkan naikkan nilai tambahnya. Dan setelah itu Anda bisa menaikkan harga sesuai dengan manfaat dan pelayanan yang Anda berikan.

Memang diskon merupakan salah satu strategi marketing yang bisa meningkatkan omset bisnis. Tapi Anda juga harus ingat tadi bahwa tujuan utama bisnis Anda adalah mendapatkan profit. Pemberian diskon pasti akan menurunkan margin keuntungan Anda bukan ? Boleh saja memberi diskon, tapi tentu dengan strategi dan pemikiran yang matang.

Nah, daripada selalu memberikan diskon yang belum tentu memberikan hasil, Anda bisa memberikan manfaat dan pelayanan yang lebih baik dengan harga yang sama atau bahkan lebih tinggi. Itu jauh lebih rasional.

 

6. Merancang anggaran bulanan

Kesuksesan adalah hal yang harus direncanakan, termasuk dalam hal anggaran bulanan bisnis Anda. Rancanglah anggaran bulanan Anda agar pengeluaran Anda bisa lebih terkontrol dan terencana. Tanpa perencanaan, bisa jadi banyak pengeluaran yang mestinya tidak perlu tapi malah Anda lakukan.

Segala hal yang menyangkut masalah pengeluaran uang di perusahaan semestinya sudah direncanakan, apalagi jika pengeluaran itu sifatnya rutin.

 

7. Lakukan penghematan 10 %  – 30%

Lakukan penghematan semua biaya operasional Anda saat ini sebesar 10 % – 30% saja. Cek semua pos pengeluaran Anda saat ini, pasti banyak sekali pengeluaran yang bisa Anda hemat.

Contoh-contoh yang bisa Anda hemat : hemat listrik, beli kebutuhan secara grosir, mensubstitusi barang dengan harga yang lebih murah, dll.

 

8. Stop iklan yang tidak efektif dan efisien

Di tengah persaingan usaha yang sangat sengit, terkadang kita sebagai pebisnis suka salah strategi, yaitu salah satunya dengan beriklan dengan memakan banyak biaya. Anda harus mencermati mana saja iklan yang menguntungkan dan memberikan dampak bagi kemajuan bisnis. Tidak semua iklan efektif dan itu wajib Anda tinggalkan sekarang juga.

Ingat selalu, dunia selalu berubah dan berkembang. Demikian juga perilaku konsumen juga berubah. Media yang dulu efektif untuk iklan Anda, belum tentu saat ini bermanfaat untuk bisnis Anda. Karena itu, melakukan pengukuran terhadap efektifitas iklan Anda menjadi sangat penting.

 

9. Utamakan menjual barang yang memiliki “margin tinggi

Seuatu yang Anda dapat adalah hasil dari apa yang Anda fokuskan selama ini. Jika Anda menjual aneka macam produk dengan margin yang berbeda-beda, ada baiknya mulai saat ini Anda lebih memfokuskan pada barang dengan margin keuntungan yang tinggi, karena hal ini akan sangat membantu cashflow bisnis Anda. Daripada Anda menjual barang dengan margin rendah, walaupun volume penjualan banyak, tapi pengeluaran pun juga jadi lebih banyak.

Jadi, mulai saat ini fokuskan penjualan Anda pada produk-produk dengan margin yang tinggi saja, baik itu produk berupa jasa maupun barang fisik.

 

Hot Product!

Kesuksesan penjualan produk melalui internet sangat ditentukan oleh posisi web Anda di search engine. Jika web Anda bisa berada di halaman 1 google, maka hampir bisa dipastikan Anda akan kebanjiran traffic dari google.

Nah, masalahnya tidak semua traffic itu menghasilkan konversi penjualan. Lalu bagaimana caranya agar semua traffic yang datang itu menghasilkan penjualan ?

Ada berita bagus buat Anda! Welly Mulia, seorang internet marketer kelas dunia asal indonesia, membagikan ilmu bagaimana Anda bisa merevolusi profit internet Anda secara TO THE POINT melalui produknya ONLINE PROFITS X. Jangan lewatkan hal ini atau Anda akan menyesal!

http://onlineprofitsx.com/images/order.jpg

Number of View :29372

Related Posts

About the Author: Purba Kuncara

Seorang blogger yang mempunyai passion untuk menulis hal-hal berkaitan dengan bisnis internet, blog, motivasi maupun ide bisnis. Di blognya bisa Anda temukan banyak hal-hal menarik.

34 Comments + Add Comment

  • bagaimana jika semua pesaing sudah menaikkan harga, sedangkan jika dgn harga lama kita sudah bisa meraih profit. Apakah kita juga harus menaikkan harga demi profit yg lbh tinggi?

  • tips revolusi profit nya lumayan mas. Salam kenal ya :cendol

  • :cendol biasanya ada produk lama yag tidak mungkin dinaikkan karena faktor tertentu salah satu strategi adalah keluarkan produk baru dengan margin tinggi untuk menutup kenaikan yang tertunda pada produk lama.

  • Saya kebetulan juga menjadi konsultant produk, dilapangan berbagai kendala teknis yang tidak terduga

  • Tips2nya bagus mas….smoga smakin ditingkatkan….

  • thanks banget mas,kebetulan saya lagi butuh pencerahan

  • Sangat bermanfaat untuk kemajuan bisnis.
    Mohon bisa diposting juga strategi untuk bertahan terhadap serangan pesaing yg memiliki modal lebih besar dari kita (harga).

  • [...] profit yang bisa Anda dapat dengan memperbanyak usaha. Tapi coba Anda baca artikel saya tentang 9 cara merevolusi profit, dipoin ke 9 adalah “dahulukan menjual barang dengan margin tinggi”, artinya laba yang [...]

  • Sampai saat ini saya belum berhasil mendapatkan profit dari bisnis online, mudah2an cara ini bisa merubah nasib saya :)

  • [...] profit yang bisa Anda dapat dengan memperbanyak usaha. Tapi coba Anda baca artikel saya tentang 9 cara merevolusi profit, dipoin ke 9 adalah “dahulukan menjual barang dengan margin tinggi”, artinya laba yang [...]

  • Semuanya belum dilaksanakan karena baru mulai (gabtek lagi), cari member aja sulitnya minta ampun.
    Tapi saya ta coba terus mas….
    Thank’s atas masukannya.

    • @sastro, hehehe…. sulit gan kalo cari member… eh, btw maksudnya MLM ?

  • [...] produk (yang hampir sama dengan 1000 pelanggan) berarti yang dilayani semakin banyak. Otomatis jadi semakin banyak usaha dan waktuyang dibutuhkan untuk memberikan after sales support yang [...]

  • klo menurut saya yang paling mudah dalam langkah-langkah diatas adalah efisiensi dan membuang iklan yang tidak efektif..
    :)

  • setuju deh mas sama langkah2 diatas…
    emang sih untuk meningkatkan profit kita harus melakukan beberapa revolusi di dalam proses bisnisnya…
    terutama efisiensi…
    thanks..

  • yups, jangan lupa untuk menambahkan langkah menginternetisasi perusahaan…
    akan sangat menghemat dan efisien..

  • [...] profit yang bisa Anda dapat dengan memperbanyak usaha. Tapi coba Anda baca artikel saya tentang 9 cara merevolusi profit, dipoin ke 9 adalah “dahulukan menjual barang dengan margin tinggi”, artinya laba yang [...]

  • [...] Klik disini jika anda ingin membacanya langsung. secara lengkap. Namun menurut saya yang paling asyik adalah cara ke 4 yaitu Menjadikan Customer Anda sebagai pemasar. Bagaimana caranya ? ya tentu dengan membangun suatu website dengan system reseller. [...]

  • Tingkatkan pelayanan dan manfaat, bukannya diskon.
    sangat setuju gan.
    jika pelayanan kita bagus maka pelanggan akan kembali lagi.
    nice post .

  • yang paling penting peka dengan pasar. kalau peka bisa kelihatan option apa yg bisa dilakukan untuk meraih untung yg lebih besar/banyak

  • nice share & info yang bermanfaat.
    harus diterapkan.

  • thanks iya info nya ..smoga profit bisnis kita jadi meningkat pesat amiiiiin

  • wuihhh nice share ..

  • thanks gan infonyaaa, keren tuh klo ada radio streaming :p
    jadi mauuuuuuu

  • Promosi promosi dan promosi… Kalo produk sudah terkenal pasti banyak yang nawar :)

  • Saran yang bagus nih cuma kalau ingin menaikkan harga add value diproduknya harus diperhatikan juga.

  • terima kasih buat infonya gan…semoga terus memberikan info2 terbaik lainnya,, like it

  • Bagus gan…. Sebagai pemula dalam bisnis emang butuh banyak baca-baca yang kayak gini…

  • Terima kasih atas informasi yang sangat bermanfaat ini.

    saya lebih tertarik untuk merevolusi provit dengan point ke 3 yaitu Meningkatkan Jumlah Pembelian Per pelanggan

    thanks sharing tentang metodenya.

    sangat bermanfaat sekali

  • semua yang ada diartikelnya benar sekali
    tapi yang lebih penting adalah kerja keras,.,
    terkadang kita sudah bosan ditengah jalan.,

    sukses selalu adabisnis.com :)

  • tipsnya sudah kuno, smua organ juga tau tips tadi kalo dia sales sejati.
    ini sering diseminar2 kayak gini, naikan harga, blabla, emangnya gampang apa menjual produk dgn harga tinggi apalagi klo bnyak pesaing,, ngomong sih gampang cuy haha

    praktek yg penting, perbanyak jaringan. jgn lupa berdoa

    -master online- aan

    • @aan the master, meski kuno tp sampai saat ini masih banyak yg berhasil dg teknik ini master.

Leave a comment

[+] kaskus emoticons

AudioBook Internet Marketing

Saya sudah membuat sebuah audiobook internet marketing untuk Anda. Silahkan download gratis dengan mengetikkan Nama dan Email Anda di bawah ini :
Nama Depan :
Email Utama :


Sponsor

pasang iklan efektif dan efisien
Seluruh isi iklan adalah tanggung jawab pemasang

Promosikan Usaha Anda di sini

Radio Streaming

ADAbisnis.com Radio
Get the Flash Player to hear this stream.

Streaming Radio Suara Mahakam Samarinda


Streaming Provider by :
KLIKHOST.com

Yahoo Messenger!



Layanan YM tersedia untuk pertanyaan seputar layanan yang kami jual, bukan pertanyaan tentang artikel umum kami

Advertise

forummarketingcash.com Klik Disini


Cara membuat radio streaming

Jasa pembuatan radio streaming

radio streaming murah

Sertifikat SSL Murah

Harga TP LINK TL-WA5210G


Seluruh isi iklan adalah tanggung jawab pemasang
Mau pasang backlink di sini? Cuma 20rb/bln
You might also likeclose
%d bloggers like this: