Autobackup database wordpress dengan plugins WP-DB-Backup

Posted on

Mungkin hosting Anda menyediakan backup otomatis yang menyediakan Anda data hingga 7 hari sebelumnya (daily back up).

Tetapi bagaimana jika ternyata servernya down, bahkan lebih dari 3 hari (<90% Uptime) ?? Anda mau pindah hosting tetapi Anda tidak bisa login ke server back up karena terintergrasi dengan cpanel hosting.

Itu seumpama loh ya…. tapi ga mungkin juga kalau hosting yang menyediakan backup R1 sampai down 3 hari, karena otomatis mereka akan rugi harus mengembalikan dana Anda seseuai SLA (service level aggrement).

Nah, khusus untuk wordpress, Anda tidak perlu lakukan backup manual. Cukup menggunakan plugins yang akan mengirimkan backup database Anda secara otomatis sesuai jadwal ke email Anda.

Langkah-langkah instalasi :

1. Instal plugins WP DB Backup dari dashboard Anda lalu aktifkan.
2. Buka Tools > backup
3. Di bawah “Scheduled Backup” pilih “daily” ataupun “once weekly” jika Anda jarang update. Lalu Anda isikan email Anda.
https://lh5.googleusercontent.com/_9W8681AXnyo/TdNS5EsZOkI/AAAAAAAAAe0/UrRY9B63EMQ/s640/backup4.jpg

Kekurangan plugins ini adalah karena database terkirim ke email, maka batasan maksimal ukuran database yang sudah terkompres sebesar 25 Mb. Jadi plugins ini cocok untuk blog dengan database yang kecil.

Untuk gambar, saya sarankan menaruhnya di picasa supaya menghemat space, dan tidak perlu ditransfer kalau pindah hosting. Sehingga mempercepat migrasi juga kan.

3499 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons