Bagaimana cara memulai bisnis ? Galau nih

Posted on Updated on

Kalau ada yang tanya “bagaimana Pak cara memulai bisnis di internet?”, sebenarnya jawabannya simple : BERANILAH MEMULAI!

Tidak bisa kita pungkiri bahwa di saat kita akan bertindak selalu muncul pikiran-pikiran negatif, seperti misalnya : bagaimana kalau nanti rugi? bagaimana kalau nanti webnya dihack orang? bagaimana kalau nanti ditipu orang?

Kalau pikirannya negatif terus, kapan mau mulainya. Kenapa tidak menggunakan cara berpikir terbalik : “bagaimana ya kalau nanti sukses dan dapat banyak uang? bagaimana ya kalau ternyata omsetnya tinggi sekali ?”

Kekuatiran-kekuatiran atau kegalauan itu wajar sekali kok, dan seringkali hal ini terjadi karena kurangnya pengalaman. Untuk mengatasi hal ini, datanglah pada orang-orang yang sudah berpengalaman dan utarakan kekuatiran Anda itu. Mintalah nasihat mereka.

Jangan berpikir bahwa orang berpengalaman itu adalah harus orang yang sudah sukses bisnisnya. Jangan pandang sebelah mata terhadap para tukang becak, peternak bebek, penjual toko klontong dll. Saya sendiri pernah ngobrol dengan mereka dan ternyata jawaban mereka terhadap kekuatiran saya itu benar-benar OUT OF THE BOX. Anda juga bisa belajar dari kegagalan mereka.

Jadi, jika Anda ingin berjualan online, mulai singkirkan pikiran negatif itu dan bertindaklah sekarang. STEP BY STEP. Mulailah langkah demi langkah. Misalnya mulai berjualan ke teman-teman di facebook, lalu mulai berjualan di fans page, dan akhirnya berjualan di forum/marketplace dan mempunyai web toko online sendiri yang terkenal.

Kalau sudah terkenal apa yang akan terjadi ? Tidak perlu mengejar-ngejar calon pembeli, tapi Anda yang akan dikejar-kejar oleh mereka. Dan akhirnya Anda akan kewalahan. Bayangkan hal ini bila terjadi pada diri Anda. Membanggakan bukan ?
Berandai-andai itu gratis dan tidak ada yang melarang. Misalnya : tiap hari mencapai net profit 10juta sehari. Siapa yang melarang ? Tentukan alasan kenapa Anda harus mencapainya, sehingga “cara” untuk meraihnyapun akan dengan mudah Anda dapatkan.

Orang sukses punya 1001 alasan untuk sukses. Demikian pula orang gagal juga punya 1001 alasan untuk gagal.

Sebenarnya tidak ada istilah gagal dalam kamus kesuksesan, yang adalah BERHENTI UNTUK MENGGAPAI SUKSES.

Kenapa saya sebutkan di atas tadi bahwa Anda bisa mulai berjualan ke teman-teman yang Anda kenal di facebook ? karena pada intinya bisnis itu hanya perlu RELASI. Kalau Anda punya relasi, maka Anda bisa menjual produk apa saja ke mereka.

Pada dasarnya sifat manusia itu kan KONSUMTIF. Ketika melihat gambar smartphone murah di facebook atau BBM seseorang, maka otak manusia akan berpikir “wuih, produk baru.. keren nih….”, dan kalau kebetulan memang dia menginginkan hal itu sudah lama, maka dia akan mulai tanya-tanya bagaimana cara membelinya. Dan berakhirlah dengan DEAL.

Bisnis di internet itu gampangannya adalah copy paste. Anda tidak punya produk sendiri, lalu ada orang lain menjual produk tersebut dengan laris, tinggal Anda contek saja bagaimana melakukannya. Cari supplier yang tepat, lalu pasarkan.. BOOOMMM

Dan jangan batasi dengan siapa Anda berteman. Miliki banyak rekan bisnis sehingga Anda kaya akan produk. Ada yang bilang kalau MARKETING itu adalah MAKELAR EVERYTHING…. Jadi jangan melulu hanya satu produk yang dijual karena kebutuhan tiap orang tentu tidaklah sama. Pakai jurus PALU GADA : apa yang lu mau, gua ada… ckckck

 

8609 Total Views 4 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons