Cara Aktivasi VCN (Virtual Card Number) BNI Sebagai Debit Online

Posted on Updated on

Jika Anda punya kartu kredit VISA, maka tentu akan lebih AMAN jika belanja online di web yang sudah terverifikasi oleh VISA dengan menggunakan 3D secure. Dengan menggunakan 3D secure, maka saat akan checkout / melakukan pembayaran, Anda akan menerima SMS yang berisi 6 angka kode autorisasi untuk Anda masukkan pada kolom seperti di bawah ini :

http://img833.imageshack.us/img833/5908/coxo.png

Aman kan ? Jadi transaksi tersebut hanya bisa dilakukan jika Anda memasukkan 6 angka kode autorisasi yang terkirim via sms ke nomer HP Anda yang terdaftar di CC.

Tapi ternyata tidak semua merchant menggunakan 3D secure. Anda bisa melihat merchant mana saja yang sudah menggunakan keamanan seperti itu di sini atau Anda bisa mengenailnya langsung di webnya yang mencantumkan logo “Verified by VISA” seperti di bawah ini :

http://i.imgur.com/boOenS9.png

Solusi bagi Anda agar tidak terjadi pencurian data kartu kredit oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab, maka baiknya gunakan PAYPAL. Tapi tidak semua merchant menggunakan paypal, apalagi sekarang paypal juga semakin ketat (banyak akun lama dan baru yang kena limit permanen).

Solusi berikutnya adalah menggunakan VCC (Virtual Credit Card). Anda bisa membuat VCC di entropay.com. Anda harus melakukan deposit melalui kartu kredit juga di sana. Akan dikenakan biaya 4,95% per deposit dan 0,2 dollar setiap kali topup ke VCC yang Anda buat. Selama ini relatif aman menggunakan entropay.com.

 

Kalau ga punya kartu kredit bagaimana donk ?

Anda bisa membeli VCC reload yang bisa Anda isi sesuai kebutuhan. Tapi mahal juga lo harganya.

 

Apa ada yang lebih murah dari VCC reload ?

Rupanya masalah ini sudah dibaca oleh BNI dengan meluncurkan Debit Online BNI atau yang disebut dengan VCN (virtual card number). Ini memang sudah ditunggu-tunggu lama oleh para pelaku bisnis internet maupun shopper online.

VCN BNI adalah kartu debit secara virtual yang dapat digunakan untuk transaksi online pada merchant yang menerima kartu kredit maupun debit sehingga kita tidak perlu memasukkan nomer asli kartu debit BNI kita. Hal ini bisa melindungi kita dari tindakan carding (pencurian data kartu kredit) maupun penipuan oleh web-web phising/palsu.

VCN tidak terhubung langsung dengan nomer asli mastercard kita, sehingga sangat aman untuk digunakan sekali pakai.

VCN itu sendiri bisa diatur limitnya, jumlah transaksinya serta masa berlakunya. Tapi untuk saat ini VCN BNI hanya dapat melakukan pengaturan limit, sedangkan pengaturan jumlah transaksi dan masa berlakunya sudah otomatis dari sistemnya.

Karena VCN ini masih hal baru di BNI, dan hampir sebagian besar kartu mastercard yang ada di kartu ATM BNI itu belum terkoneksi dengan mastercard internasional (belum bisa untuk debit online), maka harus diaktifkan dulu.

Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Datang ke kantor cabang BNI terdekat dengan membawa KTP, Kartu ATM dan buku rekening BNI untuk mengaktifkan SMS Banking.

2. Jika sms banking sudah aktif, PIN SMS banking juga sudah bisa dirubah, maka Anda tinggal aktifkan VCN dengan menghubungi call center bank BNI 500046 atau (021) 500046 dari telp selular.

3. VCN akan aktif dalam 1 – 3 hari kerja. Setelah aktif, maka Anda bisa langsung menggunakan fiturnya.

4. Cara membuat VCN : ketik REQ VCN 50000 kirim ke 3346. 50000 adalah nominal isi VCN yang Anda inginkan, yaitu Rp. 50.000.

http://www.bni.co.id/Portals/0/promo/image002.jpg

5. Anda akan mendapat sms balasan dari 3346 meminta memasukkan pin sms banking. Setelah Anda memasukannya dengar benar, maka Anda akan langsung mendapatkan balasan berupa nomor VCN nya beserta security code nya.

6. Setelah mendapat data VCN nya, maka Anda langsung gunakan untuk bertransaksi online.

Note :
– Request VCN sesuai dengan jumlah yang ingin dibelanjakan saja. Jangan kurang, tapi sebaiknya lebih sedikit. Saldo rekening hanya akan terpotong ketika VCN sudah digunakan.

– VCN BNI bisa dipakai berkali-kali asal tidak melebihi limit yang sudah kita set dan hanya bisa digunakan maksimal 1 jam setelah direquest.

– Jika Anda request VCN 100.000, sedang Anda hanya menggunakan 50.000 saja, maka yang terdebet di saldo BNI Anda hanyalah 50.000 saja. Nominal 100.000 itu hanya batas maksimal transaksi yang bisa digunakan pada VCN tersebut. Jadi jangan kuatir soal sisa limit, tidak akan hilang.

– Anda hanya keluar pulsa untuk berkirim SMS saja +/- 2ribu. (Rp. 500,-/sms tergantung operator, total 2 send dan 2 reply SMS).

– VCN ini adalah kartu debit online Mastercard. Jadi hanya bisa untuk transaksi di merchant yang menerima kartu debit (debit card) saja. Anda tidak bisa melakukan transaksi pada merchant yang hanya mau menerima Kartu Kredit saja.

– Request VCN sepertinya hanya bisa dilakukan maksimal jam 10 malam (WIB). Jika permintaan Anda ditolak (dapat SMS : Maaf, transaksi tidak bisa diproses. Hubungi BNI Call di 500046 atau 021500046), silahkan coba esok pagi.

– Kurs dollar terhadap rupiah sedikit lebih tinggi dibanding kurs jual yang tertera di bni.co.id. Terpaut Rp. 250.

– Anda bisa bertransaksi di semua merchant yang menerima pembayaran debit Card melalui paypal. Jadi tenang saja, sekalipun Anda tidak punya akun paypal, Anda tetap bisa belanja dengan VCN ini di semua merchant yang menerima pembayaran debit card melalui paypal. Tidak semua merchant mau menerima debit Card melalui paypal.

– Anda bisa gunakan untuk belanja di merchant yang menggunakan google wallet, 2checkout. Tentunya ada banyak merchant yang menggunakan keduanya.

– Anda bisa gunakan untuk belanja di ebay, amazon, godaddy, namecheap, name, nqhost, ramnode, itunes, AirAsia, lazada, zalora, rakuten, perpanjangan whatsapp,

Keterangan lebih lanjut akan saya update di artikel ini.

– VCN tidak bisa digunakan untuk verifikasi paypal.

– Tidak bisa untuk pembayaran FB Ads karena masa berlaku VCN yang cuma 1 jam, sementara FB Ads melakukan penagihannya pada waktu-waktu tertentu (tidak bisa dipastikan).

– Sepertinya agak susah untuk refund dana yang sudah kita setorkan ke merchant.

– Simak diskusinya di kaskus ==> klik di sini!

 

Harapan :

– Request VCN ke depannya bisa lewat internet banking seperti di bank-bank luar. Jadi tidak perlu menghabiskan pulsa untuk request VCN.

Semoga bermanfaat!

70855 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons