Cara Mengaktifkan Show hidden files yang diubah oleh virus

Posted on

Tadi malam saya sedang mencari software untuk video tutorial yang bisa diedit dan diconvert ke swf dengan hasil yang bagus dan filenya ukuran kecil. Dan ketemulah dengan BB Flashback. Software ini recomended sekali buat anda yang ingin membuat video tutorial secara profesional. Tapi sayang, anda harus membeli lisensinya karena produk ini bukan freeware. Untuk mendownload versi free-nya, tersedia waktu 31 hari untuk Trial. Ya lumayan lah. Tapi kepingin juga rasanya untuk bisa mencarikan keygen atau cracknya.

Iseng-iseng saya coba cari di google dan ketemulah salah satu keygen. Saya klik langsung, eh….. ternyata bukannya keygen yang muncul…. Firasat saya pasti virus neh. Saya coba buka Task Manager (CTRL+ALT+DEL) dan ternyata sedang jalan virusnya. Saya langsung End Task. Saya coba apakah ada yang diubah oleh virus dengan masuk di Folder Options, saya klik Show All, apply, lalu dibuka lagi ternyata tetap kembali ke Do Not Show. Ya sudah… sepertinya pengalaman yang dulu-dulu dipergunakan. Saya hapus dulu virusnya (Karena saya tidak menggunakan antivirus sama sekali di komputer saya… he3).

Berikut cara mengembalikan setting folder options yang sudah diubah oleh virus, sekalipun virusnya sudah anda delete.

  1. Buka Start Menu –> Run, ketik : regedit, kik OK.
  2. Buka registry dengan direktorinya : HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\Folder\Hidden\SHOWALL
  3. Cari key yang bernama CheckedValue dan DefaultValue.
  4. Klik dua kali dan berikan nilai satu pada kedua key tersebut (biasanya sebelumnya diganti ke “0” oleh virusnya).
  5. Kemudian buka lagi Folder Options –> View, pilih “Show hidden files and folders”, klik Apply (atau OK).

Lalu coba buka folder option lagi apakah setingan masih tetap di Show hidden files and folders, atau malah kembali ke Do Not Show. Jika masih tetap di Show hidden, berarti setingan anda sudah benar.

1356 Total Views 10 Views Today

Leave a Reply