Cara Mengetahui Size dan Load Time Blog Anda

Posted on

cara Menganalisa situs anda, load time, size www.ADAbisnis.comBeberapa hari ini saya mendapat masukan bahwa akses ke blog saya ini sangat berat. Hal ini tidak saya ketahui karena saya menggunakan akses internet HSDPA 300 Kbps, jadi ga ngerasa kalo lambat. He3.

Sepertinya hal ini dikarenakan themes yang saya gunakan terlalu berat. Juga terlalu banyaknya plugins2 yang tak berguna. Dan yang paling membuat berat yaitu Banner-banner yang dihosting di server lain. Sebagai solusinya yaitu dengan mengganti themes, menonaktifkan beberapa plugins dan yang terakhir meminimalkan banner.

2 Hari yang lalu saya meminta sahabat blogger saya, Ferry Prima dan Ronald Daniar untuk menguji kecepatan loading blog saya. Dan hasilnya memang lebih cepat ketika plugins dan bannernya dikurangin. Tapi cara ini subjektif sekali karena ketidakstabilan akses internet masing-masing tester. Sebagai langkah objektif untuk menguji speed loading blog kita, kita bisa menggunakan tool ini dari iwebtool, yaitu Website Speed Test.

Anda bisa membandingkan speed load beberapa domain sekaligus. Dan hasilnya Anda bisa tahu size/ukuran situs dan load timenya. Silahkan coba dengan memasukkan alamat domain blog Anda dan beberapa domain blog sebagai pembanding (domain name only, tanpa http://) di form di bawah ini :

Domain Anda: Masukkan Domain blog / situs anda, Per Domain per baris (Maximal 10 Domain)
(Contoh : adabisnis.com Ingat: Tanpa Http)

Powered by iWEBTOOL

Size : Mengukur element penyusun dari blog Anda. Mulai dari Element Widget, element Javascripts bahkan berapa Pixel main page (halaman depan) Blog Anda. Jika size blog Anda melebihi 100 Kb, Anda harus waspada! Kurangi element blog Anda (ganti themes dll).

Dikarenakan server iwebtool ada di amerika, tentunya blog yang menggunakan server USA pasti lebih cepat waktu loadnya.

Dengan cara ini sekarang Anda bisa mengoptimasi blog Anda supaya cepat diakses dan membuat pengunjung jadi ingin kembali ke blog Anda.

Jika Anda ingin memasang tools seperti ini di blog Anda, silahkan copy dan paste code berikut di html posting Anda atau di page.

–> Ambil codenya di sini.

Jika Anda ingin mengetahui analisa blog Anda lebih detail, Anda juga bisa gunakan websiteoptimization.com

Selamat Mencoba!


Sumber ide tulisan : sawasanganam.com

7514 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons