Cara Setting Google Apps, Email Hosting Gratis dari Google

Posted on Updated on

Google “mengikat” atau “memonopoli” dunia internet dengan memberikan hampir semua yang kita butuhkan di internet secara gratis. Salah satunya adalah memberikan layanan email gratis dengan kapasitas sebesar 7 Giga, yaitu GMAIL.

Nah, ada lagi yang ditawarkan google dari GMAIL, yaitu berupa layanan email dengan nama domain Anda sendiri yang dinamakan GOOGLE APPS. Ini juga merupakan trik marketing “belut” ala google. Tapi asyiknya yang versi gratisannya sangatlah cukup buat kita. Baru nanti kalau ga cukup, ya tinggal upgrade aja.. bayar 50 dollar/tahun/akun… hohoho… mantaf!
Google Apps memang bukan merupakan barang baru di blogosphere, tapi tidak ada salahnya untuk saya kupas demi melengkapi tutorial yang ada di blog ini.

Dengan Google Apps ini Anda dapat memiliki email hosting dengan jumlah akun sebanyak 50 akun email, masing-masing sebesar 7 Giga.. wow…. :beer:

Syarat yang dibutuhkan untuk membuat google apps adalah :
1. Punya domain sendiri, baik TLD maupun ccTLD.
2. Hosting, baik Direct Admin maupun cPanel.

Langkah-langkah :
1. Register ke http://google.com/a/, terdapat tiga pilihan dalam mendaftar, yaitu Standard Edition, Premier Edition dan Education Edition, jika Anda ingin mencoba secara gratis, pilih Standard Edition saja.
2. Setelah itu, Anda disuruh masukkan nama domain Anda dan data account profile dan jika sudah selesai mengisi datanya, Anda akan diminta untuk verifikasi kepemilikan nama domain, lebih mudahnya gunakan metode upload file. Pada langkah ini, Anda diharuskan membuat file dengan nama googlehostedservice.html dimana isi file tersebut harus diisi dengan kodel yang telah diberikan pada saat Anda memilih metode yang digunakan untuk verifikasi, lalu file tersebut harus diupload ke direktori root dari hosting domain Anda.
3. Langkah selanjutnya adalah Anda harus mengubah record Mx di control panel Hosting Anda. Untuk mengubah ini, biasanya terletak di icon menu Mx entry bagian e-mail pada control panel hosting Anda.
4. Selanjutnya arahkan alamat email dengan alamat web sendiri, misalnya http://mail.domainkamu.com dan ubah DNS zone ke alamat tersebut.
Jika sudah selesai setting tinggal menunggu waktu propagasi Domain Name System (DNS) yang diperkirakan selesai selama 48 jam.

 

UPDATE!

Mulai desember 2012 layanan google apps sudah tidak ada lagi yang gratis

5114 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons