Cari Gambar Mirip Dengan Google Images

Posted on Updated on

Beberapa foto profile facebook seringkali yang dipasang adalah gambar artis, sehingga membuat Anda bisa terkecoh. Ada pula penjual di internet (blog, forum) yang menggunakan gambar di google untuk diakui bahwa itu adalah tampilan produk yang ia jual. Padahal itu adalah gambar orang lain.

Beberapa waktu lalu juga ada kasus yang menimpa pesawat dari Rusia yang jatuh di Indonesia.  Ada saja orang yang menggunakan kesempatan itu untuk menyebarkan foto-foto hoax yang notabene itu adalah foto kejadian beberapa waktu lalu, sehingga tidak ada kaitan dengan kejadian akhir ini.

Bagaimana cara mengetahui apakah itu adalah foto tunggal atau ternyata banyak situs lain yang menampilkan gambar tersebut? bahkan kita bisa tahu sumber asli foto tersebut kalau diteliti dengan jeli.

Ternyata google images sudah ada fasilitas untuk menampilkan gambar-gambar yang mirip dengan gambar yang kita upload di situ. Bahkan bisa juga dengan tinggal memasukkan URL gambarnya, sehingga tidak perlu repot-repot download, lalu upload.

Caranya sebagai berikut :
1. Masuk ke Google Images http://images.google.com

2. Di sebelah kanan kotak pencarian ada icon gambar kamera. Silahkan klik icon tersebut, maka akan muncul pilihan isi “Tempel URL gambar” atau “Unggah Gambar”.

3. Masukkan URL gambar atau upload gambar yang ingin Anda cek, lalu tekan ENTER

4. Google akan menampilkan gambar-gambar dengan pola sama atau mirip, cek keterangannya satu-satu. Dari situ Anda bisa simpulkan apakah gambar tersebut adalah asli (cuma satu di internet) atau ternyata banyak web yang menggunakan, Anda bisa baca keterangannya.

Selamat mencoba!

7657 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons