Hosting disuspend, datanya hilang ?

Posted on Updated on

Ada kekuatiran sebagai seorang pengguna hosting jika hostingnya disuspend, atau bahkan diterminate karena melanggar TOS, asumsinya bahwa datanya semua hilang. Pemikiran seperti itu keliru.

Jika hosting Anda disuspend, atau bahkan diterminate karena pelanggaran berat, sebenarnya Anda tetap bisa meminta file backup data hosting Anda kepada hoster Anda tersebut. Jadi tidak perlu kuatir.

Atau jika Anda tidak diterima karena alasan web Anda membuat berat server, Andapun berhak untuk meminta screenshoot bukti bahwa akun hosting Anda yang memang membuat berat. Jika hostingnya menggunakan cloudlinux, Anda bisa lihat langsung di cPanel berapa resources yang sering Anda gunakan. Tapi cloudlinuxpun kadang suka ngaco grafiknya… web masih baru dan tidak ada pengunjung tapi resourcesnya mentok 100%.

Sebagai hoster pun jangan buru-buru melakukan suspend kepada user. Setidaknya diberi penjelasan dulu sebelum disuspend. Tapi jika alasannya karena bikin berat, ya mau gimana lagi.. kalau harus nunggu respon user, bakalan lama ntr.

Harusnya yang berlaku :

Peringatan > 1 > 2 > 3 > final suspend

Pengalaman saya, ada beberapa  user yang webnya doyan banget kena hack lebih dari 5 kali dalam setahun. Sudah dicreate ulang cpanelnya, diinstal wordpress yang fresh, ternyata masih juga kena lagi. Dan saya kasi solusi untuk memindahkan ke server saya yang lain… dan ternyata aman di sana. Dan tahukah Anda bahwa ternyata dari satu user ini saja dia masih sewa lebih dari 10 domain dan hosting? kasihan donk kalau ditendang. :)

Nah, jika hosting Anda disuspend, lalu hosternya memberikan file back up (Biasanya berupa full backup tar.gz) – hosternya tanggung jawab – Anda bisa tarik file itu ke hosting baru Anda dengan perintah wget di cronjob. Atau lebih mudahnya Anda tinggal meminta tolong ke hoster baru untuk merestore file backup tersebut, tapi tanyakan dulu sebelum beli, apakah mereka menyediakan free migrasi atau tidak. Kalau tidak, Anda bisa gunakan jasa pindah hosting.

Bisa dibayangkan jika file backup Anda lebih dari 1 giga, kalau harus ditarik ke komputer Anda sendiri, butuh waktu berapa lama kalau koneksinya kayak keong ? paling malah putus di tengah jalan x_x

So, ga usah panik kalau mengalami hal seperti ini. Memang rasanya jengkel banget… traffic sudah mulai naik malah disuspend. x_x Dan lebih parahnya lagi, kalau mau diaktifkan, harus membuat surat pernyataan + bayar uang denda Rp. 15.000,-  Sudah jatuh, ketimpa tangga. x_x

Kalau memang sudah tidak kuat di shared hosting yang kuat sekalipun (HG, HW dll), ya terpaksa harus sewa VPS. Dan sekalipun sewa VPS, tidak jaminan juga bahwa Anda akan aman tentram, apalagi kalau VPSnya unmanaged. VPS itu bermacam-macam spesifikasinya. Jangan cuma tergiur karena harga murah tetapi kualitas dan supportnya mlempem.

Dan terakhir, sebagai pengguna hosting, Anda juga harus terus belajar mengenai dunia hosting ini. Edukasilah diri Anda. Jangan mintanya uptime 120% tapi harganya yang murah. Sangat tidak mungkin hal itu. Tidak ada sistem yang sempurna di dunia ini sekalipun sudah dirancang sedemikian rupa.

4899 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons