Kenapa Berbisnis Di Internet ?

Posted on Updated on

Beberapa kali ada teman atau seseorang yang chat  dengan saya menanyakan kenapa saya yang kuliah di kedokteran eh kok masih cari duit di internet… Apa masih kurang pendapatannya ??

Saya mulai bisnis di internet sejak bulan oktober 2008. Tapi baru serius menghasilkan uang sejak desember 2009. Hasilnya ? bagi saya bisnis di internet lebih dari sekedar pekerjaan, tapi menjadi hobby yang mengasyikkan. Seperti bermain tennis meja misalnya, saya menikmati permainan itu dan terus meningkatkan kemampuan saya. Hasilnya adalah bisa menang di beberapa turnamen. Seperti itulah kenapa saya akhirnya terjun di bisnis ini. Saya senang dengan mengotak-atik script PHP, JavaScript, jQuery dll. Sebagai hasilnya saya bisa membuatkan web orang dan dapat uang dari situ. Lumayan lah…. :beer:

Anda bisa coba download rekaman talkshow saya di Radio bulan desember 2009 yang lalu. Silahkan download di sini.

Yang terpenting adalah Anda bisa menikmati apa yang Anda lakukan. Seperti pepatah cina bilang : “Cintai apa yang Anda kerjakan dan Kerjakan apa yang Anda cintai”. Dan teruslah semangat!!!

Nah, balik lagi soal bisnis internet…

Selain memiliki bisnis utama tentunya Anda ingin juga memiliki penghasilan tambahan bukan ? Tapi sering kali menjadi bingung bagaimana cara memulainya, bisnis apa yang harus kita geluti dan bagaimana pula prospeknya ke depan.

INC, sebuah media bisnis terkemuka di Amerika, merilis informasi penting bagi para pebisnis yang ingin mengetahui bisnis yang prospeknya paling menjanjikan hingga lebih dari 10 tahun mendatang. Berikut daftarnya :

Bisnis Internet, data processing dan jasa informasi lainnya
– Sistem komputer dan jasa yang berhubungan dengannya
– Sofware
– Jasa ketenagakerjaan
– Konsultasi: management, science, dan teknis
– Home Health Care
– Jasa penasihat keuangan pribadi
– Jasa perawatan anak
– Seni, hiburan, dan rekreasi
– Film/video

Dari data tersebut, terlihat salah satu bisnis nomor SATU yang paling menjanjikan hingga lebih dari 10 tahun mendatang adalah bisnis internet.

Revolusi Bisnis di Internet memang tengah berjalan. Seperti juga ketika mobil yang ‘merevolusi’ kereta kuda, kamera digital yang mulai menggantikan kamera manual dan kini INTERNET juga telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam mencari informasi dan berbisnis.

Dan sekarang kita – atau setidaknya anak muda sekarang yang menjadi future market- semakin sering mendengar kata-kata seperti ini, “Lihat di internet aja” atau “Cari di internet aja”. Apalagi internetan pake HP sudah bukan lagi barang yang mahal bukan ?

Apa saja deh… Mulai dari booking tiket pesawat, lihat berita terkini, lihat iklan penjualan rumah atau mobil, beli macam-macam barang, dan masih banyak lagi. “Apapun bisnisnya”, internet tempat jual belinya :beer:

Internet memang tempat menjadi pemasaran produk dan jasa yang
paling menjanjikan saat ini. Karena jangkauan yang luas,
ke seluruh dunia. Selain itu juga karena pasarnya yang tertarget
dan sistem otomatisasinya, membuat pemasaran jadi lebih efektif
dan efisien dari segi biaya, waktu dan tenaga

Coba kita lihat Milyuner muda paling kaya di dunia itu adalah mereka yang menjalankan bisnisnya melalui media internet. Majalah Fortune 27 September 1999, menampilkan 40 pemuda milyuner. 10 teratas diantara 40 orang pemuda paling kaya didunia tersebut adalah berasal dari perusahaan internet atau komputer.

Mereka adalah:
1.Michael Dell (34), dari Dell Computer dengan kekayaan $21,5 Milyar
2.Jeff Bezos (35), dari Amazon.com dengan kekayaan $5,7 Milyar
3.Ted Waitt (36), dari Gateway Computer, dengan kekayaan $5,4 Milyar
4.Pierre Omidyar (32), dari eBay, dengan kekayaan $3,7 Milyar
5.David Filo (33), dari Yahoo, dengan kekayaan $3,1 Milyar
6.David Yang (33), dari Yahoo, dengan kekayaan $3,0 Milyar
7.Henry Nicolas (39), dari Broadcom, dengan kekayaan $2,4 Milyar
8.Rob Glaser (37), dari RealNetworks, dengan kekayaan $2,3 Milyar
9.Scott Blum (35), dari Buy.com, dengan kekayaan $1,7 Milyar
10.Jeff Skoll (33), dari eBay, dengan kekayaan $1,4 Milyar

Ok.. semakin jelas ya bahwa bisnis internet adalah bisnis menjanjikan. Cuman yaitu.. ada banyak keahlian yang diperlukan.

Saran saya, jika Anda memang tertarik untuk terjun di bisnis internet, carilah mentor yang tepat, yang mau membimbing Anda hingga sukses. Kalau Anda belajar sendirian bakalan lama.

Jangan mudah terbujuk rayuan bahwa bisnis internet adalah bisnis cepat kaya dengan cara instant. Kalau seperti itu, sudah dari dulu saya pensiun jadi mahasiswa.

6247 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons