Lindungi foto Anda dengan watermark

Posted on Updated on

Jika Anda mengupload foto di internet, baik itu di blog, forum, facebook dll, jangan heran jika suatu saat Anda menemukan foto Anda digunakan oleh orang lain tanpa seijin Anda. Mungkin saja orang tersebut mengambil foto Anda dari google images, dikarenakan foto Anda memang terindex di google. Dan sangat disayangkan lagi, foto tersebut tidak  Anda beri watermark, sehingga setiap orang yang menggunakan foto tersebut tidak tahu siapa yang memiliki foto tersebut. Jika orang tersebut tahu bahwa foto tersebut milik Anda, mungkin orang itu akan meminta ijin kepada Anda terlebih dulu… atau paling tidak mengurungkan niatnya untuk memakai foto Anda. :beer:

Watermark merupakan tulisan, logo atau gambar yang disisipkan di foto/gambar dengan tujuan untuk melindungi gambar Anda dari penyebaran dan penggunaan secara bebas / ilegal.

Ada baiknya setiap foto yang Anda upload di internet diberi water mark untuk mencegah penggunaan foto tanpa ijin. Termasuk foto pribadi Anda sendiri, baik itu di blog maupun di facebook. Tetapi jika Anda tidak mau ambil pusing, ya risikonya jelas Anda bisa tahu : disalahgunakan, digunakan tanpa ijin dlsb. Atau mungkin memang Anda ingin membiarkan foto hasil jepretan Anda tersebar dan digunakan secara bebas tanpa ada watermark dan bayar royalti, berarti Anda memang baik sekali dan berjiwa besar. :beer:

Fungsi watermark pada sebuah foto/gambar adalah untuk :
1. Menunjukkan siapa penciptanya
2. Menunjukkan merek dagang/hak cipta
3. Menunjukkan waktu pembuatan

Memang watermark tidak bisa melindungi 100% foto Anda dari penggunaan secara bebas. Tetapi setidaknya Anda sudah bertindak untuk mengurangi/mencegah terjadinya penggunaan foto tanpa ijin.

Seperti di blog ini, gambar-gambar tutorial selalu saya beri watermark supaya jika ada blog yang mengkopinya, pembaca bisa tahu darimana aslinya gambar tersebut berasal.

Untuk membuat watermark, Anda bisa menggunakan software freeware seperti : waterMark V2. Software ini sangat mudah penggunaannya. Silahkan download di sini gratis!

Bagaimana supaya foto Anda tidak tersebar ?

Gampang !!!

==> Simpan saja baik-baik di komputer atau biarkan saja tetap di camera digital Anda. Kalau Anda upload di blog lalu tersebar dan digunakan orang, berarti Anda “bodoh” karena tidak mencegah foto tersebut untuk digunakan orang lain. Jangan salahkan orang lain kalau digunakan tanpa seijin Anda! Atau mungkin pengetahuan Anda tentang dunia fotografi dan dunia internet masih nol besar.

Tapi kalau memang niatnya pamer “ini loh fotoku… hasilnya baik banget kan ? :mahongintip “… biarkan saja foto tersebut tersebar dinikmati banyak orang. :rate

3886 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons