Membatasi penggunaan CPU oleh wordpress agar server tidak hung

Posted on Updated on

Jika Anda menggunakan VPS untuk blog wordpress dengan traffic bejibun, tentunya dibutuhkan VPS yang kuat. Kalau tidak, maka VPS Anda akan sering down/crash/hung.

VPS hung ditandai dengan status VPSnya online tapi tidak bisa diakses. Bahkan SSHnya ga muncul-muncul loginnya. Kalau sudah begini, Anda perlu reboot berkali-kali hingga bisa diakses. x_x

Bagaimana caranya mencegah supaya VPS tidak sampai crash/hung atau bahkan down ?

Jika traffic Anda besar, biasanya yang menghabiskan banyak resources CPU dan MEMORI adalah home/user/public_html/index.php

Untuk membatasi resources CPU, Anda bisa gunakan tutorial ini.

Taruhlah script di bawah ini di bagian paling atas header.php :

<?php
//Cek CPU Load
$load = sys_getloadavg();
$limit = 25;  // cobalah dari angka ini, dan terus naikkan sampai batas dimana server hung
if ($load[0] >= $limit) {
header('HTTP/1.1 503 Too busy, try again later');
die('<center><br /><br /><br /><h3>Maaf, server sedang overload karena banyaknya pengunjung<br /><br /> Tunggu beberapa saat lagi<br /><br />Terima kasih<br />
<meta http-equiv="REFRESH" content="0;url=http://WebAndaYangLain.tld">
');
}
?>

Anda tidak akan kehilangan traffic, karena jika load melebihi limit, pengunjung akan mendapatkan pesan bahwa server sedang sibuk dan akan diarahkan ke web Anda yang lain.

Jangan lupa bahwa semakin besar traffic web, maka akan menghabiskan banyak memori. Meski load cpu kecil, tetapi jika Anda menggunakan 95% lebih dari RAM dedicated Anda, maka VPS Andapun akan crash. Penyebab crash adalah ketika banyak proses-proses mulai berjalan dan membutuhkan memori yang cukup, tetapi tidak terpenuhi, maka akan hung/crash VPS Anda.

Semisal Anda menggunakan VPS XEN. Jika swap memori sudah mulai digunakan, proses akan melambat sampai tidak bisa diakses. Gambarannya seperti ketika Anda menggunakan komputer windows. Jika banyak program yang sedang jalan, maka lambat laun CPU akan menggunakan kernel memory hingga sampai lemot habis.

Jika Anda menggunakan OpenVZ, pastikan jangan melebihi phisical memory. Karena jika berlebih, meski Anda bisa menggunakan memori burst (up to), biasanya tidak akan maksimal, mengingat memori burst merupakan shared memori.

Semoga bermanfaat!

 

5903 Total Views 4 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons