Membuat Aturan dalam Jasa Web Desain

Posted on

Sebagai seorang web desain, tentu tidak mudah awalnya untuk membuat sebuah aturan main. Di satu sisi kita ingin cari nama, tapi di sisi lain kita mengorbankan waktu dan tenaga yang kurang berimbang.

Oleh karena itu ada baiknya jika membuat sebuah aturan yang jelas, yang disepakati oleh kedua pihak antara web desain dan klien.

Berikut beberapa poinnya :

1. Pembayaran 100% di muka.

Saya mengalami 1 klien yang sampai saat ini belum membayar karena alasan yang macam-macam. Kesalahan saya karena begitu mempercayai orang ini. Tapi rupanya tidak bisa dipercaya… web sudah jadi tapi duit ga ngalir. šŸ™

Oleh karena itu lebih baik kerjakan yang berani membayar 100 % di muka karena berarti dia serius mempercayai jasa kita. Itu jauh lebih baik.

2. Desain yang jelas

Antara web desain dan klien memiliki keinginan yang berbeda. Itu pasti. Oleh karena itu lebih baik dengarkan apa mau klien, lalu beri tahu apa yang bisa Anda lakukan. Hal ini untuk menghindari tuntutan klien. Misalnya klien minta slide show berupa flash, tapi Anda tidak bisa. So… kasi tahu aja kalau tidak bisa!

Ada lagi nih… setelah desain pertama jadi, eh kok minta ganti desain lain ????!!! Bagaimana menghadapi hal ini ???

Buat aturan bahwa pergantian desain maksimal 2 x atau 1 x saja. Lebih dari itu ada fee. Namanya juga kerja bozz…

3. Jumlah halaman dan Aksesoris

Hadoh .. yang ini harus jelas boz… Karena semakin banyak halaman – yach kalau cuma artikel doank sihh – juga semakin berat kerjaan kita.

Sepakati harga tiap halaman. Beda isi beda harga loh…

Terus aksesoris seperti banner, flash dll juga ada harganya sendiri. Jangan dibuat harga FLAT!!! atau dipukul rata. Harga sekian tapi klien minta yang banyak tentunya malah akan merepotkan Anda sendiri.

4. Lama pengerjaan

Rata-rata kalau web yang didesain sendiri ya butuh waktu lama boz… apalagi proyeknya ga cuma satu… Sebagai freelance webdesain tentunya ga cukup waktu 1 minggu.. bisa pusing nih kepala.

Rata-rata 30 hari dah cukup lah..

Tapi… ada tapinya neh.. ada klien yang dikasi tahu kalau butuh waktu 30 hari.. eh… tiap hari ditagih suruh cepet selesai.. nah loohhhhh.. capek deh. So harus JELAS DAN TEGAS yach…

5. Maintenance…

Nah yang ini perlu juga diperhatikan… Jangan menjanjikan maintenance lama kalau Anda terlalu sibuk.

Jelaskan bahwa maintenance itu ada 2 :

1. Maintenance web : update artikel, ganti banner dll

2. Maintenance hosting dan domain : mengurusi hosting dan domain

6. Harga Jual

Nah… setelah 4poin di atas disepakati, baru deh soal kesepakatan harga. Anda atur sendiri deh.

3334 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons