Pentingnya Melakukan Follow-Up dan Customer Care

Posted on Updated on

Pernah Anda beli sesuatu lalu beberapa hari kemudian penjualnya telfon ke Anda dan menanyakan apakah suka dengan produk yang dibeli? Misalnya beli parcel, terus beberapa hari kemudian di telfon oleh penjualnya menanyakan apakah Anda suka dengan parcel tersebut atau meminta masukan dari Anda. Kira-kira gimana perasaan anda ? Saya yakin sebagian besar dari Anda akan merasa seperti “diperhatikan”… Touching the heart!

Hal sepele seperti ini terkadang kita lupakan. Kita pikir setelah pembeli membayar, maka transaksi sampai di situ. Kita kurang memikirkan bagaimana memberikan after sales yang baik.

Yang saya lakukan ketika ada orang order hosting misalnya, dan saya cek webnya kok belum diapa-apain, maka saya kontak klien tersebut untuk menanyakan : “Webnya kok belum diapa-apakan Pak, apa ada masalah? Jika ada kesulitan, jangan segan untuk menghubungi kami”. Follow up ini bisa dilakukan melalui SMS, Telfon maupun EMAIL.

Atau kita memberikan kejutan berupa diskon ataupun free upgrade secara gratis. Hal ini bagian dari CUSTOMER CARE, yaitu memberikan over-deliver terhadap produk yang dibeli oleh customer.

Ulasan di atas maksudnya adalah :

1. Jangan memikirkan keuntungan hari ini saja, tapi pikirkan keuntungan jangka panjang

2. Jadikan pembeli sebagai teman dan sahabat, jangan jadi objek untuk mengeruk keuntungan semata

3. Posisikan diri kita sebagai pembeli. Kira-kira kalau jadi pembeli, apa sih yang kita harapkan. Dengan demikian, kita bisa memberikan “treatment” yang tepat.

4. Berbisnislah dengan hati yang terus memikirkan bagaimana membuat orang lain mendapatkan manfaat yang lebih besar

5. CUSTOMER CARE = PERHATIAN ke Customer. Itu artinya bagian dari strategi marketing yang bertugas untuk memberi perhatian terhadap customer.

6. Memanusiakan manusia

7. Ujung tombak perusahaan adalah pada bagian SALES dan MARKETING. Jadi bagian ini harus DIPERHATIKAN benar-benar. Image perusahaan tergambar dari bagian ini pula, selain ditentukan pula oleh bagian lain (satpam, cleaning service, parkir, management, produk).

 

Semoga menginspirasi!

16896 Total Views 5 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons