Pentingnya Menyusun Skala Prioritas Agar Fokus

Posted on Updated on

Salah satu masalah yang kerap menjumpai para pelaku bisnis pemula adalah masalah FOKUS. Bener ga?

Kebanyakan pebisnis pemula memiliki punya banyak rencana, punya banyak target, ini… itu.. dan sebagainya. Padahal otak kita (otak manusia) biasanya hanya sanggup memprioritaskan 3 HAL. Ya aturan angka 3, tidak lebih. Hanya TIGA!!!

Sebenarnya tidak masalah dengan kita membuat rencana-rencana dan target-target, tetapi ketika kita terlalu banyak rencana, kita bingung mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Dan ketika kita bingung, maka TINDAKANpun akan terus diundur-diundur, sampai akhirnya lupa untuk bertindak.

Terlalu banyak rencana ==> otak jadi bingung (confuse) –> No Action!

Untuk itu, buatlah prioritas. Susunlah 3 HAL UTAMA yang harus Anda lakukan terlebih dahulu (URGENT), kemudian fokuskan di 3 hal tersebut.

 

Lalu apa sih FOKUS itu ?

Mengenai fokus, sebenarnya sudah saya tulis di artikel saya sebelumnya tentang F-O-C-U-S.

Arti kata fokus itu sendiri, salah satunya adalah: pusat, ter-pusat atau ber-pusat. Sehingga jika kita memutuskan untuk fokus pada sesuatu, itu berarti kita memutuskan untuk memusatkan pikiran kita pada sesuatu tersebut.

Dalam menjalani berbagai aktifitas kita sehari-hari, baik itu bekerja, sekolah maupun dalam keluarga dan lingkungan, berfokus itu penting. Dengan berfokus, semua aktivitas yang kita jalani menjadi jelas dan terarah.

Oleh karena itu, istilah fokus tidak dapat dipisahkan dengan TUJUAN. Jika kita fokus, itu sama dengan kita mempunyai tujuan. Sebaliknya, jika tidak fokus, sama dengan tidak mempunyai tujuan. Orang yang tidak mempunyai tujuan, dia tidak akan kemana-mana, tidak maju alias stagnan.

 

Hidup dengan potensi maksimal

Manusia sebenarnya diciptakan Tuhan dengan potensi yang tidak terbatas. Tapi kenyataannya, sedikit saja orang yang berusaha mencapainya. Kita memang dapat melakukan apa saja, tetapi kita tidak selalu dapat mengerjakan semua hal secara bersamaan. Membiarkan orang lain memutuskan agenda Anda dalam hidup ini, membuat Anda tidak fokus pada tujuan hidup.

http://img853.imageshack.us/img853/4774/f04z.png

Anda mungkin bisa mengerjakan banyak hal, tetapi tidak dapat menguasai sepenuhnya masing-masing hal tersebut. Memperkaya keahlian tentu tidaklah salah, tetapi fokus pada satu keahlian akan membuat Anda cepat bertumbuh mencapai potensi maksimal Anda.

Ingat, Anda hanya mempunyai waktu 24 jam sehari, termasuk waktu untuk beristirahat.

 

Hidup dengan potensi maksimal bisa diraih dengan cara :

  • Fokus pada satu tujuan utama (ultimate goal setting Anda)
  • Fokus pada peningkatan yang berkesinambungan (continuity)
  • Fokus pada masa depan, bukan masa lalu (future)

 

Fokus pada kekuatan Anda dan kembangkan terus kekuatan itu

Fokus Anda mungkin saat ini sedang goyah. Usaha Anda stagnan, padahal usaha itulah yang menjadi passion Anda atau skill Anda ada di situ. Memaksimalkan potensi yang sudah ada tentu akan lebih mudah daripada mempelajarinya dari NOL. Dengan memperbaiki strategi dan pola pikir, Anda bisa membesarkan kemampuan yang telah Anda miliki sendiri sekarang.

Fokuskan pada kekuatan yang sudah Anda miliki. Dari situ Anda akan mencurahkan waktu, energi dan sumber daya. Sehingga Anda terus bertumbuh dan berkembang.

Dalam kepemimpinan, jika Anda berhenti bertumbuh, habislah Anda!

 

Salah satu alasan begitu sedikit orang yang meraih apa yang diinginkannya adalah karena kita tidak pernah fokus; kita tidak pernah konsentrasi pada kekuatan kita. Kebanyakan orang hanya mencoba-coba berbagai macam jalan dalam hidup mereka. Mereka tidak pernah memutuskan untuk menguasai suatu bidang khusus” – Tony Robbins

12085 Total Views 10 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons