Permudah Komunikasi di Toko Online Anda

Posted on

Saya melihat masih banyak blog-blog maupun web yang menjual jasa dan barang secara online hingga saat ini masih belum menyediakan fasilitas chat di webnya. Entah karena mereka sibuk sehingga tidak sempat untuk berinteraksi secara langsung atau mungkin juga kegiatan bisnis online merupakan kegiatan parttime bagi mereka.

Fasilitas chat merupakan jendela interaksi antara pengunjung dan pengelola web. Berbeda dengan telfon atau sms yang tentu berbayar, atau email yang mungkin bagi sebagian orang cukup ribet. Chat jauh lebih simpel.

Ada banyak penjualan yang dihasilkan setelah berkomunikasi via chatting. Saya sudah buktikan.

 

Lalu chat seperti apa yang mudah bagi pengunjung? Apakah YM sudah cukup ?

Tidak semua orang memiliki YM (Yahoo Messenger). Sehingga sangat dianjurkan untuk Anda menambahkan fasilitas chat yang instant seperti OLARK dan ZOPIM. Seperti yang terlihat di pojok bawah kanan blog ini adalah menggunakan OLARK versi free :)

 

Kenapa OLARK ?

Selain bisa gratis, olark juga bisa dintergrasikan dengan gtalk. Dengan demikian, Anda bisa membalas chat pengunjung dari blackberry atapun HP android Anda. Mudah kan? Saya sudah menggunakannya lebih dari 2 tahun ini.

http://www.olark.com/images/sky/front_page_variant/imclient.png

http://www.olark.com/images/sky/front_page_variant/customize.pnghttp://www.olark.com/images/sky/front_page_variant/crm.png

 

Apa sudah cukup dengan chat di website saja?

Ada beberapa fasilitas chat lain selain yang saya sebutkan di atas (gtalk, YM, olark, zopim), yaitu : BBM (Blackberry Messenger), Whatsapp, Skype.

Banyak sekali pembeli potensial yang memiliki BB. Jadi kenapa Anda harus anti BB ? Kalau anti BB (bau badan) sih bagus… he3… Tapi saya rasa akan rugi banget jika tidak memiliki BBM.

Whatsapp juga sangat berguna sekali. Apalagi bagi pembeli yang menggunakan HP android. Dan untungnya whatsapp bisa diinstal di BB, sehingga all in one deh (YM, gtalk, BBM, whatsapp jadi satu).

Skype mungkin lebih populer di luar negeri, sehingga beberapa pembeli dari luar negeri lebih sering menyukai chat via skype.

Ada 2 jejaring sosial yang bisa dimanfaatkan, yaitu twitter dan fans page facebook. Mungkin ini akan saya bahas lebih detail di artikel mendatang.

Jika ingin mendapat banyak penjualan, posisikan diri Anda sebagai pembeli. Sehingga Anda akan dapat mengetahui apa yang mereka butuhkan dan inginkan.

Mempermudah komunikasi akan meningkatkan penjualan Anda!

3564 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons