Plugins Untuk Membuat WordPress Versi Mobile

Posted on

Pagi ini saya cek email yang masuk di inbox saya, dan ada satu email yang berisi seperti di bawah ini :

Terimakasih telah membalas semua email saya, dan tlh memberi solusinya.
yg sangat saya keluhkan hanya pd handphone saya kl buka adabisnis java error null kehabisan memory ato gmn sy jg krng tau, buatkan m.adabisnis.com kusus mobile handphone spt saya ini, sering aku buka situs bpk untk cari artikel+tutorial, maaf saya hny pake hp gak pny komputer. Dan ditunggu script2nya. Matur thanks you. (Agus)

Sebetulnya sudah lama sekali blog ini ingin memiliki versi mobile. Dulu pernah mencoba menggunakan plugins WordPress Mobile Edition. Tapi tidak berhasil. Akhirnya saya nonaktifkan plugins tersebut.

Pagi ini saya cari tutorial di google untuk membuat wordpress versi mobile yang ga ribet instalnya. Dan ketemulah dengan artikel di blog isnuansa.com yang cakep ini. Silahkan baca lengkapnya di sini.

Ternyata cara ini sangat ampuh. Selain sudah ada themes default yang lumayan ciamik, Anda juga bisa membuat themes  / menambah themes sendiri khusus untuk versi mobile ini.

Anda tinggal instal plugins “mobilepress” di dashboard wordpress Anda. Lalu aktifkan. Beres deh.

Untuk mengakses versi mobile : http://domainanda.com/?mobile.

Untuk kembali ke full version : http://domainanda.com/?nomobile.

Ngomong-ngomong… dengan versi mobil ini juga bisa jadi solusi buat blog Anda yang mungkin sizenya terlalu berat. Bisa Anda cek dengan tools yang kami sediakan di artikel Cara mengetahui Size dan load time blog Anda di sini (klik).

Banyak yang protes mengenai blog saya yang dibuka terasa berat.

http://img35.imageshack.us/img35/3684/sizeblog.jpg

Dari perbandingan di atas, yg paling besar ukurannya adalah blog saya dengan 184,98 KB. Weleh3… Sedangkan yang paling ringan yaitu newsticker88.com dengan 27,89. Mgkn krn newsticker88.com menggunakan themes THESIS kali yaa…

Knp blog ini berat ? dari themesnya memang sudah berat. Ditambah lagi dengan gambar yang lumayan besar-besar. Dan juga Chat Olark.

Supaya lebih singkat, saya membuat m.adabisnis.com yang meredirect ke http://adabisnis.com/?mobile. Dengan mengakses m.adabisnis.com dari browser PC / Laptop Anda, maka Anda akan dapat mengakses blog ini lebih ringan dan cepat.

Untuk kembali ke tampilan penuh (full version), tinggal klik http://adabisnis.com/?nomobile atau n.adabisnis.com.

Ssst… beberapa email yang meminta tutorial masih belum bisa saya jawab nih.. harap bersabar yah…

5343 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons