Redemption Period Domain

Posted on Updated on

Ketika Anda membeli sebuah domain, rupanya Anda tidak tahu menahu hal teknis yang menyangkut apa itu domain, bagaimana mendaftar dan memperpanjang dlsb… saya sangsi jika domain Anda bisa jadi masuk Redemption Period, lalu masuk ke masa pending deletion dan setelah itu bisa didaftarkan lagi oleh siapapun juga. Bagaimana dengan image perusahaan Anda nantinya ?? Rugi banget kaaann gara-gara masalah sepele “tidak memperpanjang domain” yang harganya ga sampe puluhan juta. Iya ngga ??

Ini adalah WARNING bagi para pemilik nama domain, jangan sampai telat memperpanjang nama domain Anda. Bisa-bisa Anda harus membayar denda 10 kali lipat jika nama domain Anda sudah masuk pada REDEMPTION PERIOD ini. Tapi jika tidak diperpanjang ya tidak kena denda.

Redemption Period artinya Periode Penebusan, dimana pemilik nama domain masih diberi kesempatan untuk memperpanjang domainnya. Namun biaya penebusan tersebut tidak sama dengan biaya normal perpanjangan. Biayanya 10 kali lipat. Ini sesuai dengan ketentuan pengelolaan nama domain yang berlaku secara internasional.

INI YANG PALING PENTING!

Misalkan masa berlaku domain Anda akan berakhir pada tanggal 03 Oktober 2010 (Anda bisa Cek masa berlaku domain Anda dengan cara membuka http://whois.domaintools.com/domainanda. Misalnya http://whois.domaintools.com/adabisnis.com). Maka sebaiknya Anda segera memperpanjang domain Anda tersebut sebelum tanggal berakhirnya. Biaya yang dikenakan adalah biaya perpanjangan normal. Anda terserah mau kapan membayar ke pihak domain provider asal sebelum masa berlakunya habis.

Mulai tanggal 3 oktober – 13 november 2010 maka domain name Anda sudah masuk pada GRACE PERIOD atau MASA TENGGANG (40 hari). Anda masih bisa memperpanjang domain dengan harga normal, tetapi website Anda sudah tidak bisa diakses lagi dan akan beralih ke halaman parkir domain. Nah loh…. šŸ™

Setelah melewati GRACE PERIOD tersebut maka nama domain akan memasuki REDEMPTION PERIOD selama 30 hari, dimana domain sudah tidak bisa diakses sama sekali tetapi masih bisa diperpanjang dengan denda 10 kali lipat biaya normal. Misal sewa domain Rp. 100.000 / tahun, maka dendanya 10 x Rp. 100.000 = 1 jt. Lama waktu untuk memproses perpanjangan domain pada masa ini adalah 3 – 5 hari kerja.

Setelah masa REDEMPTION PERIOD tersebut habis maka domain Anda akan masuk masa PENDING DELETION selama 5 hari. Pada masa ini domain sudah tidak bisa diperpanjang sama sekali.

Setelah PENDING DELETION berakhir, maka domain akan bisa didaftarkan ulang dan tersedia untuk umum. Siapapun bisa memiliki domain itu…. siapa cepat dia dapat. Anda tidak bisa menyalahkan siapapun ketika kemudian domain Anda dimiliki oleh orang lain. Tentu akan sangat merugikan jika nama domain Anda sangat cantik atau sudah terkenal. Branding perusahaan Andapun akan RUSAKKKK!!!

Adanya REDEMPTION PERIOD tersebut dimaksudkan untuk memberi kesempatan hanya kepada pemilik domain sebelumnya untuk memperpanjang domain. Hanya dia yang bisa, namun setelah itu bisa dimiliki oleh siapa saja!

Oleh karena itu, sekali lagi, jika domain Anda bagus atau terkenal jangan sampai terlambat memperpanjang. Biasanya sistem akan mengirimkan peringatan jauh-jauh hari sebelum domain Anda expired (1 bulan sebelum expired). Segera perpanjang saat itu juga!

Lalu bagaimana kalau domain masih masuk dalam Redemption Period tetapi Anda masih ingin menggunakannya dengan tidak mau membayar denda 10 x lipat ?

Untuk menghindari bayar mahal berarti Anda harus tunggu sampai domain tersebut benar-benar di-delete / dihapus. Tapi harus sering-sering dicek ya…Kuatirnya keduluan orang lain. …… :beer:

Ok mereview lagi masalah ini ya.. :
Setelah masa berlaku domain Anda berakhir, maka akan masuk : 40 hari (Grace period) + 30 hari (Redemption Period) + 5 hari (Pending Deletion period). Jadi totalnya 75 hari setelah expired baru bisa didaftarkan oleh siapapun juga.

Selama masa Grace Period Anda bisa memperpanjang tanpa kena denda. Tapi kalau sudah masuk redemption period, maka untuk memperpanjang akan kena denda 10x lipat harga domain normal.

Masa Grace Period bisa 30 hari atau 40 hari tergantung dari sistem pendaftaran domain. Yang umum adalah 40 hari.

Demikian juga redemption period. Ada yang 30 hari, ada juga yang 40 hari.

Tips : Jika Anda memang serius dan yakin akan keberlangsungan usaha Anda untuk jangka panjang, jangan segan-segan untuk mengambil domain selama 5 tahun atau 10 tahun sekaligus. Tidak sampai 1 juta kok.

Kredibilitas usaha Anda dilihat juga dari masa berlaku domain Anda.

Waspadalah.. waspadalah…

7092 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons