Review 4 Koneksi Internet Mobile di Indonesia

Posted on Updated on

Akhir-akhir ini koneksi dengan jargon “anti lelet” benar-benar lelet. Selidik punya selidik sepertinya karena penerapan FUP. Akhirnya belum sampai 10 hari sudah lemot banget. Saya rata-rata habis kuota 600 Mega/hari. Terpaksa harus mencari koneksi lain sebagai pelengkap.

Berikut ini review 4 koneksi internet mobile yang paling sering digunakan di Indonesia dan sudah saya gunakan sendiri :

1. Smartfren

Setelah penerapan FUP, belum sampai setengah bulan sudah lemot koneksinya. 99ribu kok mau dapat unlimited ? apalagi stabil ? ngimpi deh ;)

Meski sudah habis FUPnya, kadang kalau pagi masih cepat. Tapi siang dan sore lemot bukan main.

 

2. Axis

Untungnya masih punya USB modem GSM, jadi bisa nyobain beberapa kartu GSM, salah satunya adalah AXIS. Beberapa bulan lalu mencoba menggunakan axis lumayan cepat dan stabil, sampai akhirnya keterusan. Tapi entah akhir-akhir ini kadang drop kecepatannya meski kuota masih banyak.

AXIS pro unlimited 6 giga dibandrol 149rb/bulan. Bulan berikutnya dapat kuota 8 giga dengan speed up to 7,2 mbps (tapi kenyataannya rata-rata < 1 mbps).

 

3. Telkomsel Flash

Saya beli voucher flash unlimited 100rb dapat kuota 3,6 Giga dengan kecepatan up to 7,2 mbps (tapi kenyataannya rata-rata cuma < 500 kbps). Voucher ini hanya dijual di galeri telkomsel.

Dari uji coba saya untuk ditempelin di iphone, koneksi kadang lemot atau bahkan menghilang sinyalnya beberapa saat (tidak terlalu sering sih). Jadi terpaksa harus pakai wifi kalau mau download-download.

 

4. Tri

Saya sendiri belum pernah mencobanya, tapi sepertinya ini bisa jadi alternatif jika ketiga koneksi di atas sudah menyerah.

Berdasar review dari teman di bali, surabaya dan malang, koneksi tri lumayan stabil.

 

Dari keempat koneksi di atas, memang tidak ada yang sempurna. Istilahnya ada harga ada rupa. Kecepatan dan kestabilannya tentu ditentukan oleh lokasi Anda juga, kekuatan sinyal dan kepadatan jaringan.

Tapi inti dari artikel ini adalah : Jangan hanya mengandalkan satu koneksi saja jika Anda membutuhkan koneksi internet setiap saat. Jadi kalau pas smartfren lemot, coba pakai flash. Kalau flash lemot juga, coba pakai axis. Rata-rata pengeluaran sebulan jadi sekitar 350rb untuk internet saja dengan menggunakan ketiga-tiganya. :beer:

Kenapa tidak pakai fixed internet seperti speedy ? Ya, masih belum bisa pasang speedy karena belum ada telfon di rumah. Apalagi juga sering mobile.

16607 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons