Tips : Promosi Online Dengan Kontes

Posted on

1 tahun yang lalu kami mengadakan kontes menulis artikel dengan peserta adalah teman-teman blogger. Memang harus diakui ada plus minusnya karena kami baru pertama kalinya mengadakan kontes ini. Ada sponsor yang menghilang sewaktu dimintai donasinya. Ada juga sponsor yang tidak tahu mengenai hak-haknya. Miss communication karena kesibukan masing-masing.

Mengadakan kontes blogger memang bagus sekali untuk mendongkrak promosi usaha Anda di internet. Tetapi bagaimana caranya supaya bisa efektif ?

Berikut ini kami berikan tips-tips berdasarkan pengalaman kami dalam mengadakan kontes.

1. Tentukan konsep kontes ini, apakah kontes SEO atau kontes “menulis artikel.”

Kalau kontes SEO maka jelas jurinya adalah google.co.id ataupun google.com. Tetapi kalau kontes “menulis artikel” maka Andalah jurinya.

2. Tetapkan kriteria penilaian dengan jelas

Anda harus menetapkan KRITERIA-KRITERIA PENILAIAN yang jelas, supaya semua peserta mengetahui dan Anda tidak dibilang SCAM!

3. Batasi jumlah pemenang

Lebih enak kalau jumlah pemenang sedikit karena Anda tidak perlu repot mengurusi pengiriman hadiah dlsb. Misalnya hanya ada pemenang 1 – 5. Selain hemat di biaya hadiah, juga meningkatkan daya saing peserta.

4. Batasi lama kontes

Kontes SEO biasanya lamanya sekitar 3 bulan. Untuk kontes menulis biasanya 1 bulanan karena tidak perlu optimasi. Jangan terlalu lama karena kalau lama-lama nanti malah bosan.

5. Tentukan siapa yang menjadi panitia dan sponsor

Jika memang Anda adalah sponsor dan penyelenggara tunggal, maka itu lebih gampang. Tetapi Anda harus bertanggung jawab penuh terhadap kontes ini. Tetapi jika ada beberapa panitian dan sponsor lainnya, lebih baik Anda harus membagi tugas masing-masing. Misal ada yang mengurusi pendaftaran, mengawasi jalannya kontes, pengiriman hadiah dlsb. Dan bilang ada sponsor lain, tariklah dulu biayanya. Berdasar pengalaman, ada seorang teman saya sendiri yang mengaku ingin jadi sponsor, begitu waktu pengiriman hadiah ke pemenang, dia menghilang dan tidak bisa dihubungi. Meskipun itu teman sendiri, lebih baik tetap tarik dulu biaya sponsorship dari awal.

6. Buat halaman Fans Page Facebook tentang Usaha / Web Anda

Saatnya memarketingkan web/usaha Anda di facebook. Setiap peserta wajibkan untuk menaruk tombol “LIKE” fans page Anda di artikel / blog mereka. Asyikk kan ?

Keuntungan mengadakan kontes

1. Anda hemat biaya promosi

Dengan biaya antara 500rb – 2 juta Anda bisa mengadakan kontes.

2. Mendapatkan banyak backlink permanent

Setiap peserta diwajibkan untuk menaruh backlink ke web Anda. Maka nantinya Anda akan mendapatkan backlink gratis dari semua peserta secara permanent (tentunya jika artikelnya tidak dihapus loh ya).

3. Menarik pengunjung dan meningkatkan konversi

Pengunjung web Anda juga akan bertambah, dan tentunya akan terjadi konversi seiring meningkatnya TRUST. Karena kebanyakan pengunjung akan membeli kepada Anda setelah membaca review dari web lain.

Dan biasanya peserta kontes tersebut juga akan menjadi klien Anda ke depan.

4. Jadi banyak teman

Anda akan jadi tambah teman online. Banyak teman maka banyak rejeki.

Web  dan Anda sendiripun akan jadi tambah terkenal.

2070 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons