Gunakan Strategi Marketing Mix Untuk Meningkatkan Omset Usaha Anda

Anda tahu bisnis Anda perlu memanfaatkan pemasaran. Tetapi dari mana Anda harus memulai? Tingkatkan pengetahuan Anda dengan membiasakan diri dengan lima P pemasaran – produk, harga, tempat, promosi, dan orang – juga dikenal sebagai bauran pemasaran.

Marketing Mix atau Best 5 P’s adalah alat yang signifikan untuk membantu Anda memilih dan membuat strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda. Ini memaksa Anda untuk memikirkan bidang bisnis mana yang dapat Anda ubah atau tingkatkan, untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan dan memuaskan target pasar Anda, menambah nilai dan membedakan produk atau layanan Anda dari pesaing Anda. 5 area yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan adalah: PRODUK, HARGA, PROMOSI, TEMPAT DAN ORANG.

Konsep Marketing Mix (bauran pemasaran) adalah kombinasi taktik yang digunakan perusahaan untuk memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Diperkenalkan pertama kali oleh profesor pemasaran Amerika E. Jerome McCarthy pada 1960-an. McCarthy mengembangkan 4 P asli untuk membantu pemasar menjangkau pelanggan baru dan mengembangkan bisnis mereka. Selama bertahun-tahun, P yang kelima, yaitu PEOPLE (orang) baru ditambahkan untuk lebih mencerminkan praktik bisnis modern. Marketing mix sangat penting karena memberikan pemilik bisnis kerangka kerja untuk mempromosikan produk atau layanan mereka ke pasar.

Meskipun 5 P dapat dikontrol, 5 P selalu tunduk pada lingkungan pemasaran internal dan eksternal Anda. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang masing-masing P.

1. PRODUCT (PRODUK / LAYANAN)

Elemen produk atau layanan mengacu pada apa yang Anda tawarkan secara keseluruhan kepada pelanggan Anda. Keputusan produk mencakup fungsionalitas, branding, pengemasan, layanan, kualitas, tampilan, dan ketentuan garansi.

Saat memikirkan produk Anda, pertimbangkan fitur utama, manfaat, serta kebutuhan dan keinginan pelanggan. Misalnya, jika Anda adalah produsen makanan, Anda mungkin memutuskan untuk menambahkan beberapa rasa baru untuk memperluas jangkauan Anda.

Pelanggan perlu memahami fitur, kelebihan, dan manfaat yang bisa dinikmati dengan membeli barang atau jasa Anda.

Perhatikan baik-baik produk (atau layanan) yang Anda jual. Jelaskan secara spesifik tentang manfaat yang Anda tawarkan. Anda tidak hanya menjual produk atau layanan; Anda sering kali menjual ketenangan pikiran, kepercayaan diri yang meningkat, penghematan waktu, atau manfaat lain bagi kehidupan pelanggan Anda.

Selanjutnya, yang lebih penting, pikirkan tentang bagaimana pelanggan akan melihat produk Anda. Tentukan inti masalah yang Anda bantu mereka pecahkan, karena itulah yang terpenting: Membantu orang memecahkan masalah yang sebenarnya. Bagaimana produk atau layanan Anda melakukannya?

Pikirkan tentang cara penyedot debu Dyson dipasarkan. Penyedot debu biasa memecahkan masalah: membantu orang menjaga kebersihan karpet. Tapi Dyson telah menemukan masalah yang sangat spesifik dan poin rasa sakit seperti kemampuan manuver penyedot debu. Dalam hal ini, Dyson telah mampu membuat diferensiasi produk dari produk sejenis milik kompetitor yang sudah ada.

Selain itu, Anda harus perhatikan apakah produk Anda ini menjawab kebutuhan pelanggan saat ini.

2. PRICE (HARGA)

Elemen harga mengacu pada cara Anda menetapkan harga untuk produk atau layanan Anda serta bagaimana pengaruhnya terhadap pelanggan. Ini harus mencakup semua bagian yang membentuk biaya keseluruhan Anda, termasuk harga yang diiklankan, diskon, penjualan, persyaratan kredit, atau pengaturan pembayaran lainnya.

Harga Anda juga akan bergantung pada posisi bisnis Anda di pasar, misalnya, jika Anda mengiklankan bisnis Anda sebagai layanan rental mobil hemat, harga Anda harus mencerminkan pilihan itu. Atau jika Anda adalah produk makanan premium maka harga Anda harus di premium untuk produk berkualitas lebih rendah untuk mencerminkan kemasan yang lebih baik dan kualitas bahan yang Anda tawarkan.

Untuk bersaing, Anda perlu mengetahui titik harga khas di pasar Anda. Saat menelitinya, lihat nilai yang Anda berikan. Apa bedanya dengan apa yang ditawarkan orang lain? Akankah pelanggan membayar lebih untuk solusi Anda? Untuk menentukan harga, Anda perlu mengetahui bagaimana produk Anda dibandingkan dengan pesaing. Anda juga harus memikirkan berapa banyak yang harus Anda kenakan untuk bersaing dengan bisnis lain sambil juga menutupi pengeluaran Anda.

Saat anda pergi ke minimarket misalnya, anda melihat tisu merek Paseo tepat di sebelah merek lain yang lebih murah. Beberapa konsumen mau membayar lebih mahal untuk Paseo jika menurut mereka itu berarti peningkatan kualitas.

Gunakan rasa kemanusiaan dan etika bisnis yang benar dalam menentukan harga. Jangan sampai Anda mematikan harga pasar atau mengambil kesempatan dalam kesempitan dengan melambungkan harga setinggi langit karena barang yang Anda jual langka.

3. PROMOTION (PROMOSI)

Promosi mengacu pada semua aktivitas dan metode yang Anda gunakan untuk mempromosikan produk / layanan Anda ke pasar sasaran Anda. Ini termasuk penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, periklanan, sponsorship dan media sosial. Intinya adalah pada semua aktivitas yang membuat bisnis Anda lebih dikenal konsumen.

Karena biaya promosi bisa sangat besar, maka masuk akal untuk melakukan analisis laba atas investasi (ROI) ketika membuat keputusan promosi. Pertama, Anda perlu menetapkan siapa target pasar Anda, media apa yang mereka konsumsi, berapa biaya media itu, berapa banyak lagi penjualan yang Anda butuhkan untuk menutupi investasi Anda dan bagaimana Anda akan mengumpulkan informasi yang menunjukkan bagaimana promosi tersebut bekerja.

Saat ini, tempat yang Anda tempati mungkin bukan etalase toko tradisional atau gedung perkantoran. Tapi tempat virtual Anda tetap penting. Pertimbangkan audiens target Anda dan di mana mereka mencari solusi untuk masalah mereka. Cobalah untuk menemukan tempat di mana pelanggan Anda mungkin mencari bantuan. Misalnya, seseorang mungkin menelusuri “transportasi ramah lingkungan” secara online melalui google, dan jika Anda menjual skuter listrik, Anda mungkin memiliki situs web tempat mereka dapat melakukan pembelian. Yang paling penting adalah mudah diakses, mudah ditemukan, dan di mana pasar Anda berada – baik online atau dalam aplikasi atau di toko fisik.

Biasanya untuk menarik perhatian konsumen, pebisnis akan memberikan promo seperti diskon, buy one get one dan sebagainya yang memancing orang untuk datang dan membeli produk.

Arti lain dari promosi adalah KOMUNIKASI. Tidak selalu promosi itu bersifat hard selling, tapi juga soft selling seperti mengirimkan email newsletter setiap bulannya, update fanspage social media facebook maupun instagram. Ini adalah cara perusahaan berkomunikasi dengan memberikan informasi update ke target market.

4. PLACE (TEMPAT)

Elemen tempat mengacu pada bagaimana Anda menyampaikan produk atau layanan Anda kepada pelanggan pada waktu yang tepat, di tempat yang tepat, dan dalam jumlah yang tepat. Ini mencakup saluran distribusi (misalnya melalui etalase toko, online atau distributor), lokasi, logistik, tingkat layanan, dan jangkauan pasar.

Tempat mengacu pada tempat produk / layanan bisnis dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Intinya, keputusan tempat dikaitkan dengan saluran distribusi dan cara menyampaikan produk kepada pelanggan utama yang ditargetkan. Penting untuk mempertimbangkan seberapa mudah akses produk atau layanan dan memastikan bahwa pelanggan dapat dengan mudah menemukan Anda.

Misalnya, jika Anda berpikir untuk mengembangkan bisnis Anda secara online, Anda harus memikirkan tentang bagaimana pelanggan Anda menggunakan internet, apakah mereka akan merasa nyaman membeli barang Anda secara online dan apakah mereka bersedia membayar biaya pengiriman untuk produk Anda. .

Jika Anda ingin mengembangkan bisnis, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengubah atau memperluas cara Anda menjual produk dan layanan. Misalnya, jika Anda adalah distributor peralatan rumah tangga, Anda mungkin berpikir untuk mendirikan toko baru di lokasi yang berbeda atau menawarkan waralaba, atau melalui situs e-commerce dan melalui distributor pihak ketiga.

Anda percaya pada produk Anda dan telah bekerja keras untuk menemukan harga dan tempat yang tepat. Bagaimana Anda akan membuat pelanggan menyadarinya? Mulailah dengan membuat perpesanan – komunikasi pemasaran yang menggambarkan perusahaan Anda dan nilai yang Anda tawarkan – seputar masalah yang Anda selesaikan untuk pelanggan. Untuk pengecer skuter listrik itu, pengiriman pesan kemungkinan akan memberi tahu pelanggan bahwa mereka akan mengurangi jejak karbon mereka dengan menggunakan produk ini. Setelah Anda melakukan ini, gunakan pemahaman pasar sasaran Anda untuk mempromosikan di mana pelanggan Anda berada.

Beberapa cara umum, tetapi efektif untuk mempromosikan produk Anda adalah melalui iklan online, situs web Anda, halaman media sosial, brosur, dan tanda bangunan. Tapi jangan takut untuk menjadi kreatif. Iams, merek makanan hewan populer, mencetak logo mereka pada frisbee yang dibentuk seperti pemberat untuk menunjukkan bahwa makanan mereka membuat anjing lebih kuat. Mereka membagikan frisbee di taman anjing.

Begitu Anda mulai menarik pelanggan, berikan pengalaman pelanggan yang hebat untuk mengubah pelanggan yang pernah berkunjung menjadi penggemar yang mengoceh yang memberi tahu keluarga dan teman mereka tentang produk Anda.

5. PEOPLE (ORANG-ORANG)

Elemen orang mengacu pada pelanggan Anda, diri Anda sendiri, staf Anda, tenaga penjualan, dan mereka yang bekerjan untuk bisnis Anda tersebut. Anda perlu mempertimbangkan staf dan pelanggan Anda jika Anda berpikir untuk mengembangkan bisnis Anda. Ini mencakup memahami apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda, menetapkan target, dan mengukur tingkat layanan pelanggan Anda sehingga Anda menarik dan mempertahankan pelanggan setia.

Anda juga perlu mempertimbangkan pelatihan staf agar mereka memiliki keterampilan untuk menawarkan pengalaman terbaik dan memenuhi harapan pelanggan.

Ciptakan keuntungan bisnis Anda dengan merekrut orang yang tepat, memberikan pelatihan pada karyawan Anda untuk mengembangkan kemampuan dan mempertahankan staf yang cakap.

Elemen ORANG biasanya berpusat di sekitar layanan pelanggan – bagaimana Anda ingin karyawan Anda dianggap oleh pelanggan,

Membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan oleh bisnis Anda. Fokuslah untuk memberikan pengalaman pelanggan yang hebat (misalnya, menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik, memenuhi kebutuhan pelanggan, dan menawarkan layanan yang dipersonalisasi).

Saat Anda fokus pada pelanggan, jangan lupa untuk melibatkan orang-orang internal Anda juga; karyawan yang bahagia menghasilkan bisnis yang sukses. Domino’s Pizza misalnya, menggunakan foto yang diambil oleh karyawan mereka sendiri untuk mempromosikan pizza mereka di media sosial daripada menggunakan gambar yang dipentaskan dan diambil secara profesional. Ini adalah cara yang efektif untuk mempromosikan produk mereka sekaligus menunjukkan bahwa mereka menghargai orang-orang yang menjaga perusahaan tetap berjalan.

Ini bukan ilmu pasti, tetapi lakukan yang terbaik untuk memastikan semua orang yang berhubungan dengan bisnis Anda merasa didengar dan dihargai.

Dalam menentukan orang yang akan bekerja sama di dalam bisnis, Anda harus memilih orang tersebut dengan tepat dan benar. Jika Anda salah memilih orang, yang akan terjadi selanjutnya adalah konsumen Anda akan kabur dan tidak akan pernah kembali lagi untuk membeli produk Anda.

Staf Anda mewujudkan sesuatu di organisasi Anda, dan penting untuk memiliki perpaduan pengalaman dan pengetahuan yang tepat untuk mengimplementasikan rencana Anda. Seperti semua strategi SDM, pastikan mereka memiliki tanggung jawab yang jelas, dilatih dengan baik di bidangnya dan diberi penghargaan atas pencapaian kinerja. Tim manajemen Anda juga memainkan peran kunci dalam memberikan arahan dan motivasi secara terus menerus.

 

Contoh 5 P Pemasaran

Contoh 1

John sedang mempertimbangkan untuk mengoperasikan toko jet ski yang melayani pelancong dan turis. Untuk memposisikan bisnisnya, John dapat berkonsultasi dengan 5 P pemasaran dengan cara berikut :

Produk: Penyewaan jet ski per jam untuk orang-orang yang berada di kota untuk waktu yang singkat. Formulir pertanggungjawaban terbatas yang akan ditandatangani oleh orang-orang yang berpartisipasi dalam layanan dan deposit uang jika terjadi kerusakan.

Harga: Perjalanan jet ski murah untuk memenuhi batasan anggaran para pelancong dan turis. Diskon 10% untuk perjalanan jet ski jika dirujuk oleh agen perjalanan.

Promosi: Halaman Facebook, halaman Instagram, dan akun Twitter untuk mempromosikan bisnis. Juga, promosi berbayar di situs web agen perjalanan.

Tempat: Lokasi yang mudah diakses dari sistem transit yang ada.

Orang: Anggota staf yang ramah yang suka bertemu wisatawan dan menawarkan layanan pelanggan yang luar biasa.

Contoh 2

Bayangkan Anda adalah toko roti di kota kecil North Dakota. Anda memperkenalkan lini kue baru yang merupakan campuran dari red velvet dan angel food.

Produk
Tanyakan mengapa Anda membuat jenis kue baru. Mungkin Anda ingin memperkenalkan sesuatu yang baru dan menyenangkan yang Anda harap disukai pelanggan? Pikirkan lebih dalam: Mengapa mereka harus memilih ini daripada kue yang sudah mereka nikmati? Dalam benak Anda, manfaatnya adalah hal itu baru dan menarik. Tetapi bagi pelanggan, hal itu tidak diketahui. Hindari menggunakan istilah umum. Tentu saja, kue Anda “enak”, tapi begitu juga kue lainnya. Deskriptor yang sangat umum digunakan oleh industri Anda sehingga menjadi klise tidak akan membantu Anda menarik perhatian target pasar Anda.

Dapatkan posisi pelanggan Anda. Pikirkan tentang pengalaman memakan kue dan membagikannya dengan teman dan keluarga. Bicaralah dengan pelanggan Anda tentang jenis kue baru yang membutuhkan perayaan dan membuatnya lebih istimewa.

Harga
Jangan berasumsi bahwa audiens Anda selalu ingin membayar lebih sedikit. Penawaran memang bagus, tetapi jika persepsi pelanggan tentang kue lebih tinggi daripada yang Anda kenakan, Anda bisa kehilangan keuntungan. Terlebih lagi, ketika Anda pergi ke pasar dengan produk yang tidak diketahui dengan harga yang jauh lebih rendah daripada harga pesaing Anda, audiens Anda mungkin berpikir bahwa harga rendah adalah indikasi kualitas yang buruk.

Titik harga yang sesuai kemungkinan besar akan serupa dengan produk lain yang sudah dimiliki toko roti Anda. Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya tenaga kerja, peralatan, atau bahan tambahan, jika berlaku. Kemudian, lihat pesaing terdekat untuk melihat bagaimana mereka menangani produk khusus. Pada akhirnya, harga kue harus memungkinkan Anda mencapai tujuan keuangan Anda, menjadi angka yang bersedia dibayar oleh audiens target Anda dan sesuai dengan citra yang Anda coba proyeksikan (kue premium atau kue baru yang terjangkau yang layak diberikan mencoba).

Tempat
Saat memasarkan kue Anda, menjauhlah dari tempat-tempat yang mungkin menciptakan asosiasi yang tidak menguntungkan atau membingungkan. Anda tidak akan, misalnya, memasang selebaran di klub malam di mana pesan Anda tidak mungkin diterima oleh orang-orang yang berfokus pada menari atau menikmati minuman dengan teman-teman. Anda juga tidak akan memasang poster iklan untuk kue baru Anda di dekat toilet umum, karena alasan yang jelas. Sebaliknya, Anda dapat memilih untuk mencari orang selama acara khusus: wisuda, ulang tahun dan baby shower, mungkin. Memanfaatkan komunitas lokal Anda dan basis pelanggan saat ini untuk menyebarkan berita tentang produk baru Anda. Pertimbangkan untuk bermitra dengan restoran lokal untuk menampilkan kue di menu mereka. Atau, buat poster baru untuk digantung di jendela toko Anda atau di toko perlengkapan pesta setempat.

Promosi
Strategi promosi yang setengah hati akan menenggelamkan upaya pemasaran Anda sebelum Anda meluncurkannya. Cukup memposting pengumuman tentang kue baru Anda di Facebook, dan berharap mendapatkan daya tarik tidak akan berhasil. Sebaliknya, Anda harus membuat rencana yang lebih komprehensif. Pertimbangkan untuk mendaftarkan kue sebagai penawaran waktu terbatas dan dapatkan diskon khusus untuk mereka yang ingin mencobanya. Letakkan diskon ini di koran atau materi pemasaran cetak lainnya untuk mendorong pelanggan agar memberikan kesempatan dan mempromosikannya kepada teman-teman mereka. Perkenalkan di media sosial, dan pertimbangkan untuk mengirim kampanye email yang mengumumkan kedatangan produk baru. Buat pesan seperti “Sepotong sesuatu yang baru” untuk spanduk baru di situs web Anda.

Orang-orang
Saat Anda bersemangat tentang produk baru, akan mudah untuk hanya memfokuskan semua pesan dan rencana peluncuran Anda pada bisnis Anda dan betapa hebatnya produk baru ini. Namun, daripada berbicara tentang bagaimana Anda telah merevolusi pembuatan kue atau bahwa toko roti Anda adalah pemimpin di pasar, pikirkan komunitas Anda. Lebih dari Anda menginginkan obral, Anda ingin mereka menikmati pengalaman membeli makanan Anda, dari saat mereka memutuskan untuk mengunjungi toko roti Anda hingga potongan terakhir selesai. Perlakukan mereka dengan baik dengan layanan pelanggan yang baik dan dengan memenuhi kebutuhan atau pertanyaan mereka. Dengan menciptakan pengalaman yang baik dengan toko roti Anda, Anda menciptakan loyalitas.

Tidak peduli bisnis atau industri Anda, berhati-hati untuk mencapai kelima P akan memastikan Anda memiliki basis yang tercakup. Pertimbangkan seperti apa tampilan lima P bagi Anda dan bisnis Anda.

Jika Anda membutuhkan website untuk toko online Anda, segera hubungi www.klikhost.com.

448 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan komentar kamu...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.