Mau buat Radio Streaming ? Harga Mulai 50 rb / bulan
 
Friday, August 18, 2017
Home > Tips > Perbedaan Washington dan Washington DC

Perbedaan Washington dan Washington DC

Tahun 2012 saya pernah membahas mengenai pemilihan data center di USA. Secara garis besar adalah : pilihlah datacenter yang ada di west coast jika Anda ingin aksesnya cepat dari ASIA, termasuk Indonesia.

Nah, mungkin dari Anda pernah mendengar Washington dan Washington DC ? Keduanya adalah nama daerah di USA. Lalu apakah keduanya berbeda ?

Keduanya memang berbeda, bagaikan Sabang dan Merauke. Seperti kebanyakan orang, pada awalnya saya juga sempat tidak bisa membedakan keduanya. Saya berpikir keduanya adalah sama, karena sama-sama ada kata “Washington”.

Negara bagian Washington (WA) terletak di sisi barat USA. Jika Anda mengetahui posisi negara bagian California, maka Washington ada pada sisi yang sama. Washington terletak di bagian atas, berbatasan dengan Kanada.

Sedangkan Washington DC (District of Columbia) terletak di sisi timur, yang jika memandang ke arah laut, secara imajiner kita menatap benua Afrika. Washington DC, tempat di mana pusat pemerintahan negara Amerika Serikat berada, terletak tidak jauh dari New York.

Jarak antara ujung barat sampai dengan ujung timur Amerika Serikat kurang lebih seperti jarak dari Sabang sampai Merauke. Bedanya, 2/3 wilayah Indonesia adalah wilayah perairan, sedangkan amerika adalah daratan, sehingga terasa lebih luas.

https://i0.wp.com/i.imgur.com/ONqHoFd.png?resize=543%2C326

Posisi geografis Amerika Serikat dan Indonesia di bola dunia juga nyaris saling membelakangi. Jadi, bisa dibilang perjalanan ke Amerika Serikat seperti menempuh 1/2 lingkaran bola dunia. Ketika perjalanan yang hendak di tempuh adalah ke sisi barat Amerika (misal ke Seattle, San Francisco atau Los Angeles), maka rute yang harus dilalui adalah : Hongkong, Taipei, Seoul atau Tokyo, lalu menyebrangi samudera Pasifik (trans-pacific). Sedangkan jika tujuannya adalah sisi timur Amerika (seperti New York, Washington DC, Miami, dll), maka akan transit melalui Frankfurt atau Amsterdam (via Eropa) lalu menyebrangi samudera Atlantik (trans-atlantic).

Jadi kesimpulannya, antara Washington dan Washington DC tidak hanya berbeda, namun juga berjauhan (seperti antara Sabang dan Merauke).

Jika Anda menyewa sebuah server, jika hanya ada 2 pilihan lokasi, pastikan Anda memilih Washington (WA), seperti Seattle. Jangan memilih yang lokasinya ada di Washington DC (east coast).

25749 Total Views 4 Views Today
Purba Kuncara
Seorang blogger yang mempunyai passion untuk menulis hal-hal berkaitan dengan bisnis internet, blog, motivasi maupun ide bisnis. Di blognya bisa Anda temukan banyak hal-hal menarik.
http://purbakuncara.com

3 thoughts on “Perbedaan Washington dan Washington DC

  1. Saya baru tau kepanjangan DC itu ternyata District of Columbia. Pedahal dosen saya asalnya dari sana. Di Indonesia, pada umumnya nama yang sama untuk rujukan yang berbeda ada di nama Jalan. Misalnya, Jl. Diponegoro, dll. Di pulau Sulawesi, ada Kabupaten Luwu di Sulawesi Selatan, kemudian di Sulawesi Tengah ada Luwuk (Banggai). Mungkin ini mendekati Washington dan Washington DC. Hehe

Leave a Reply

You might also likeclose