Pengalaman pahit menjadi blogger

Posted on Updated on

Mungkin Anda sudah jenuh membaca blog-blog para blogger senior yang menampilkan sisi-sisi suksesnya dengan sedikit sekali memperlihatkan bagaimana dia berjuang hingga memiliki 1000 blog dan menghasilkan 100 jt/bulan.

Yang diperlihatkan adalah mobil, rumah, jalan-jalan ke luar negeri, dan penampakan lainnya yang mengesankan bahwa bisnis internet itu MUDAH, CEPAT dan OTOMATIS.

Hi teman, rata-rata pebisnis internet baru menikmati hasil PERJUANGANNYA setelah 2-3 tahun. Bahkan ada yang 9 tahun baru berhasil.

Mungkin Anda perlu membaca kisah saya satu ini di antara cerita pahit yang sudah saya tulis sebelumnya (ditipu balance paypal, diancam dilaporkan ke polisi dll) …

Saya pernah diolok dengan bahasa binatang oleh seorang teman di fb melalui komentar di blog ini. MENYAKITKAN SEKALI!. Lalu saya konfirm kenapa dia komentar seperti itu. Dan dia heran kenapa saya bisa tahu padahal dia menggunakan nama saya dengan belakangnya nama binatang yang suka guk guk. Dan dia mengakui semua itu dan meminta maaf.

Saya sempat heran dan down kenapa ya kok ada orang yang sirik seperti itu.

Ah, sepertinya sudah biasa ya. Siapapun pasti pernah mengalaminya. Dan saya tidak merasa sendirian. Oleh karena itu, saya anggap itu sebagai VITAMIN kehidupan saja. Dan saya harus tetap semangat untuk mencapai apa yang saya impikan. :beer:

Bagaimana dengan pengalaman pahit bersama adsense ?

Saya bermain adsense dengan tidak serius, sudah 1 tahun baru bisa pay out. Apalagi blognya cuma 1 dan pakai bahasa indonesia lagi.

Dan apa yang terjadi ? saat mau pay out yang ke dua ( 2 bulan), akun adsense saya dibanned. Alasannya karena ada klik yang tidak sah. Hadeh…. pagi-pagi dapat surat cerai seperti itu.

Ya sudah.. akhirnya saya lepas semua kode-kode adsense di blog ini. Dan saya jadi lebih fokus (baca : kembali ke ajaran yang benar) untuk membesarkan blog jualan produk saya (klikhost.com).

Tuh kan… pahit lagi.. :beer:   tapi enjoy aja gan… No matter what, business must go on!

Ada lagi sebuah cerita…

1 tahun pertama saya ngeblog (september 2009), saya sempat frustasi. Kenapa ? hari-hari saya lebih banyak di dunia online ketimbang di dunia nyata.

Saya waktu itu sedang menjalani co-ass (dokter muda). Saya sering nulis blog di adabisnis.com. Tetapi saya tidak bisa menghasilkan banyak uang. Sedang biaya internet per bulan Rp. 200.000,-

Dan Anda tahu, ada seorang PPDS (dokter umum yang sedang sekolah spesalis) mengejek saya “Wah Pur, kamu online terus, sudah dapat berapa per bulan ?? rugi kamu kalau ga dapat banyak atau ga menutupi biaya internet per bulan.”

Saya terhentak… dan saya bilang dengan jujur kalau cuma masih bisa menutupi biaya internet per bulan saja.

Setelah itu, saya berpindah stase di bagian Bedah. Saya menunggu di ruangan. Dan saya keluarkan buku-buku internet marketing saya (internet cash machine terbitan imfreedom.net). Dan ada teman-teman perawat yang rasan-rasan (Berbisik-bisik) “Wah anak ini hobbynya memang internetan.. sampai buku aja bacaannya aja tentang bisnis internet….”

Mendengar hal itu, saya malah bangga… dan bermimpi suatu saat saya pasti bisa menghasilkan uang dari internet.

Dan kini mimpi itu jadi kenyataan…… Thanks God

So, ejekan dari orang di sekitar jadikan sebagai pemacu semangat untuk terus maju dan mewujudkan impian kita.

 

Bagaimana dengan bisnis hosting dan radio streaming ?

Saya mengawali bisnis hosting dengan berjualan di blog adabisnis.com ini. Ada saja masalahnya dulu di hosting itu. Misalnya server down berhari-hari yang akhirnya dikomplain oleh klien.

Kalau server dalam kondisi baik, tenang banget.. bisa fokus cari pelanggan baru. Tetapi kalau pas ada masalah, jadi kepikiran “ternyata susah juga jualan hosting.. sudah dapatnya sedikit, tapi kalau pas error jadi kayak pingin segera hengkang saja”

Sempat saya katakan ke klien saya kalau saya mau pensiun saja dari dunia perhostingan. Tapi ternyata tetap jalan saja … just flow…

Demikian juga awal-awal bisnis radio streaming. Waktu itu saya baru ngeh soal radio streaming setelah klien web pertama saya meminta untuk dibuatkan radio streaming. Akhirnya saya sewa dulu ke sebuah provider. Tapi akhirnya ga terpakai. Mubazir. Akhirnya coba-coba sewa VPS deh…

Saya sewa VPS selama 3 tahun… mumpun ada diskon waktu itu. Eh ternyata spesifikasinya terlalu kecil kalau untuk shoutcast. Bahkan kadang suaranya loncat-loncat.

Frustasi saya. Sempat VPSnya down beberapa jam. Saya geram banget… dan di chat saya bilang kalau saya mau minta uangnya dibalikin saja kalau gini… Padahal dalam hati hal itu karena saya sudah menyerah.

Tapi dengan baiknya provider VPS itu menenangkan saya, bahkan membantu saya untuk mencari informasi di forum bagaimana cara membuat server shoutcast.

Dan violaaaa… kalau saya frustasi kala itu mungkin sekarang saya ga punya KLIKHOST.com sebagai provider radio streaming.

Begitulah bisnis…. kalau sudah berkaitan dengan teknis, pasti ribet dan bikin mudah gampang menyerah.

3656 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons