Perbedaan Shoutcast Streaming dengan Format MP3 dan AAC+

Posted on Updated on

Cara menghasilkan kualitas suara yang prima dengan streaming shoutcast

http://img26.imageshack.us/img26/255/shoutcast.gifSaya dulu sempat terkesima mendengarkan radio-radio streaming yang terpampang di www.shoutcast.com. Kualitas suaranya itu loh bagus-bagus. Kayak suara aslinya. Mantaf deh.

Tapi akhirnya saya tahu kenapa radio-radio itu suaranya bisa bagus. Seorang teman saya pengelola blog musiccityfm.com menceritakan rahasianya. Yaitu karena mereka menggunakan format AAC+, bukan MP3. Dengan AAC+, bitrate 24 kbps saja sudah cukup bagus didengar. Persis seperti aslinya. Apalagi kalau 36 kbps.

Sayangnya AAC+ ini tidak bisa diputar di blackberry. Untuk dipasang di web pun, browser pendengar harus diinstal plugins dulu supaya bisa diputar. Ribet dah. Jadi hanya bisa dengan menggunakan WINAMP versi terbaru.

Lain lagi dengan format MP3. Kualitas suara yang dihasilkan memang lebih rendah dibanding AAC+. Tetapi ini bisa didengarkan di web player, windows media player, winamp, blacberry, Handphone musik, iTunes, AIMP2 dll. Itu kelebihannya.

Untuk mendapat suara yang bagus pada MP3, bisa dengan menaikkan bitrate. Misal 128 kbps. Tetapi hal ini akan menguras bandwidth dan kinerja server (terutama memori server relay). Kalau kecepatan internet pendengar rendah, maka akan semakin putus-putus.

Tapi ada radio online yang menyediakan dual format. Hal ini dimungkinkan karena di shoutcast DSP kita bisa memasang beberapa port dengan format sendiri-sendiri. Seperti misalnya Cyber Methodist Radio (www.umi-mdn.edu) yang menyediakan format MP3 di http://medanstreaming.com/?id=10   (http://live.adabisnis.com:8034/listen.pls)   dan format AAC+ di http://live.adabisnis.com:8040/listen.pls

Silahkan Anda bedakan kualitas suara keduanya di atas??? :beer”

Ingin buat radio streaming dengan harga terjangkau dan berkualitas?? buka aja cara membuat radio streaming di sini!

4935 Total Views 5 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons