5 Tangga Bisnis Yang Harus Anda Lalui

Tahun 2010 saya lulus sebagai dokter umum dan bekerja di sebuah klinik. Ada hal yang menarik yang diajarkan oleh owner klinik tersebut, namanya Pak Andi. Beliau mengatakan bahwa untuk mencapai goal kita, kita harus menaikki anak tangga demi anak tangga.

“Wah, lama donk”, pikir saya waktu itu. Dan akhirnya saya menyerah, karena bisnis klinik di perbatasan kota persaingannya sudah cukup lumayan tapi minat masyarakat masih sedikit.

Teringat akan hal itu, berikut 5 tangga (atau lebih tepatnya adalah 5 anak tangga) yang harus kita lalui :

1. Starting

Tahapan memulai usaha. Yang penting bisa ngebul dulu –> bikin ramai dulu –> bikin pelanggan puas dan nyaman –> bikin mereka kecanduan dan kembali sesering mungkin.

2. Profiting

Tahapan mendongkrak keuntungan (ngejar untung, ngejar balik modal)

3. Systemizing

Tahapan membangun sistem / standarisasi, yaitu dengan membuat SOP (bisa pakai jasa konsultan kalau bingung), pencatatan laporan keuangan yg rapi, dan saatnya mengangkat general manager/direktur yg bisa menggantikan tugas Anda sebelumnya.

4. Multiplying

Tahapan mengembangbiakan usaha. Misal : buka cabang/reseller, jaring investor untuk menambah modal, perhatikan aspek legal)

5. Reaping freedom

Tahapan menuai kebebasan. Misal : beli aset dan investasi jangka panjang, perbesar dan perbanyak jalur passive income.

Jadi kalau masih dalam tahap starting, jangan buru-buru naik ke tahap systemizing… Karena hal ini akan membuat usaha Anda jadi tidak fleksibel. Anda akan menemukan polanya setelah melaluli tahap profiting, misal dengan mendengar masukan dari customer dan mengalami setiap permasalahan yang ada.

5 hal di atas bisa Anda pelajari dengan mengikuti pembelajaran di YEA Virtual. Silahkan lihat di sini.

23692 Total Views 2 Views Today