Dulu seller tipu buyer, kini banyak juga seller ditipu buyer

Posted on Updated on

Beberapa orang yang ingin bertransaksi dengan adabisnis.com ada yang ragu. Mereka sampai ada yang meminta scan KTP dan Kartu Keluarga… wow…. Terang saja saya tolak. Lalu saya beri link ke testimoni www.adabisnis.com/testimoni maupun blog pribadi saya www.purbakuncara.com, supaya mereka yakin. Dan kebanyakan cara ini efektif.

Saya ketemu teman-teman yang tidak tahu menahu apa itu bisnis internet atau bisnis online. Tapi mereka sering belanja secara online. Misal beli TAS dlsb. Saya tanya kenapa mereka lebih memilih beli di online ketimbang offline, alasannya :

1. Ada teman yang merekomendasikan

2. Barang bagus

3. Harga lebih murah dibanding di pasaran

4. Barang jarang ada di pasaran.

Harga memang murah, tapi juga ada tambahan biaya untuk pengiriman barang, dan mereka anggap itu wajar saja, apalagi kalau belinya lebih banyak bersama teman-teman lain, sehingga biaya pengiriman bisa lebih ringan karena ditanggung bersama.

Sewaktu saya tanya, apakah ga takut tertipu ? Jawabnya, tidak.

Ini cuma survey kecil-kecilan yang saya tanyakan ke teman-teman yang suka belanja online tetapi buta terhadap bisnis internet.

 

Seringkali banyak orang takut untuk memulai bisnis online karena melihat tingkat penipuan yang sering terjadi. Jika dulu hanya buyer yang ditipu seller, sekarang juga banyak kejadian seller yang ditipu oleh buyer.

Kalau saya pribadi, lebih memilih untuk bayar di muka daripada di belakang. Selain hal itu menunjukkan keseriusan buyer, juga akan memotivasi kita untuk segera mengerjakan pesanan. Sebab pernah ada kejadian, saya buatkan web untuk orang yang mengaku kakaknya teman saya. Web sudah jadi, tapi orangnya waktu ditagih pembayaran via sms dan telfon selalu berkelit kalau lagi di luar, lagi jauh dari ATM, lagi sakit dlsb. Akhirnya saya tutup webnya.

Mungkin Anda pernah mengalami kejadian ditipu buyer ? ada berbagai macam modus. Mari sharing dan berdiskusi bagaimana mencegahnya!

2665 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons