Jual Hosting dan Domain Murah, Mulai 60rb/thn. Klik Di Sini!
 
Friday, August 18, 2017
Home > How To > Cara Mengaktifkan Debit Online Kartu ATM Mandiri

Cara Mengaktifkan Debit Online Kartu ATM Mandiri

Kabar gembira bagi Anda yang ingin belanja online tapi tidak punya kartu kredit maupun paypal. Setelah beberapa lalu saya tulis tentang cara aktivasi VCN (Virtual Card Number) BNI, kini Bank Mandiri juga meluncurkan fitur serupa. Anda bisa membaca artikel resminya di sini,

Yang dimaksud dengan layanan transaksi online pada kartu Mandiri Debit adalah fitur layanan / alat pembayaran menggunakan kartu Mandiri debit yang sudah tersertifikasi dari Visa (VbV/3D Secure) pada situs merchant (toko
online) yang juga telah memiliki sertifikasi Visa (VbV/3D Secure).

Cara mengaktifkannya adalah dengan mendatangi kantor cabang Mandiri terdekat dengan membawa kartu ATM dan buku tabungan Anda. Transaksi online baru bisa dimulai setelah 2 hari kerja sejak nomor handphonenya di daftarkan.

Transaksi hanya bisa dilakukan pada merchant yang sudah VbV (3D Secure). Biasanya ada logo yang dipasang di web mereka seperti di bawah ini :

https://i0.wp.com/img844.imageshack.us/img844/849/ly78.png?w=640

 

Contoh yang sudah verified seperti entropay.com

Langkah-langkah transaksi :

1. Masukkan nomor Kartu debit Mandiri Anda, Expired date serta 3 digit nomor CVV yang tertera pada bagian belakang kartu Mandiri Debit (kartu ATM).
2. Anda akan menerima password / authorization code via sms ke nomor handphone nasabah berupa 6 (enam) angka rahasia. Password / authorization code ini akan selalu berubah setiap kali Anda melakukan transaksi (One Time Password (OTP).
3. Masukkan OTP tersebut ke layar konfirmasi yang muncul.
4. Selesai. Transaksi ini tidak ada biaya tambahan.

Transaksi ini aman karena hanya bisa dilakukan pada merchant yang sudah vbv. Untuk merchant yang belum vbv, saya sendiri belum pernah mencobanya.

Limit transaksi menjadi satu dengan limit transaksi pembelanjaan harian kartu yang sudah ada saat ini. Jadi misal Anda pemegang kartu silver dengan limit max 25 juta per hari, dan pada hari ini Anda sudah belanja offline 10 juta, maka limit transaksi online Anda tinggal tersisa 15 juta. Masih banyak kan ? :)

Bedanya antara VCN BNI dan Debit Online Mandiri adalah pada Mandiri berupa VISA dan hanya bisa digunakan pada merchant yang vbv (verified by visa). Sedangkan VCN BNI bisa digunakan pada semua merchant yang menerima kartu debit mastercard.

Sepanjang pengamatan saya, sangat jarang merchant yang menerima kartu debit. Kebanyakan menerima kartu kredit. Solusi untuk hal ini adalah dengan membuat VCC (Virtual Credit Card) di entropay.com atau di tempat lain. Tapi sayangnya kita masih belum bisa mengisi saldo entropay dengan kartu debit Mandiri.

Jika ada berita terbaru terkait informasi ini, akan segera kami udpate.

Semoga bermanfaat!

 

Update 30 Juli 2013

– Sudah dicoba di entropay.com tapi gagal karena entropay tidak menggunakan 3D system untuk debit card.
– Banyak yang masih gagal transaksi padahal merchantnya sudah vbv

217163 Total Views 2 Views Today
Purba Kuncara
Seorang blogger yang mempunyai passion untuk menulis hal-hal berkaitan dengan bisnis internet, blog, motivasi maupun ide bisnis. Di blognya bisa Anda temukan banyak hal-hal menarik.
http://purbakuncara.com

2 thoughts on “Cara Mengaktifkan Debit Online Kartu ATM Mandiri

  1. ini saya daftarkan debit mandiri saya untuk membeli app costumer servicenya bilang sudah bisa tapi saat saya mencoba beli google playnya bilang invalid card number, jadi kenapa saya tidak bisa membeli dengan debit mandiri saya?

  2. Terima Kasih informasinya. Selama ini berkali-kali saya cuba gunakan ATM saya yg berlogo VISA untuk belanja online ga bisa. Mudah-mudahan informasi ini benar adanya, sehingga kedepanya ATM saya bisa gunakan untuk online shopping.

Leave a Reply

You might also likeclose