Jenis-Jenis Domain Yang Perlu Anda Ketahui

APA ITU DOMAIN

Sama halnya seperti sebuah toko yang memiliki alamat, web yang kita gunakan juga memiliki alamat biasa disebut dengan IP address. Domain sendiri adalah sebuah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi computer server yang berupa web server maupun email server pada jaringan computer ataupun internet.

Sederhananya, domain seperti nama sebuah ‘toko’ yang membantu pengunjung mengingat ‘toko’ tersebut tanpa harus bersusah payah mengingat Internet Protocol(IP) address yang berupa sederet angka yang panjang.

Ada beberapa jenis yang perlu anda ketahui sebelum memilih domain untuk bisnis online, maupun untuk website anda.

JENIS-JENIS DOMAIN

  • TOP LEVEL DOMAIN

Top level domain atau biasa disingkat TLD adalah nama dibelakang domain, dan  memliki leve tingkat paling atas. Contoh dari TLD adalah .com(commercial) .net(network) .edu(education) .org(organization).

  • GENERIC TOP LEVEL DOMAIN

Generic top level domain (GTLD) adalah domain tingkat teratas pada suatu Negara, yang biasanya setiap Negara memiliki GTLD yang berbeda, contohnya Indonesia (.co.id), Australia (.com.au).

  • SUBDOMAIN

Subdomain adalah Domain level kedua, subdomain ini bisa anda dapatkan dengan gratis jika anda membuat blog menggunakan subdomain. Contohnya ketika anda membuat blog di wordpress misal, anda akan mengingikan domain Namaanda, maka domain yang anda dapat adalah subdomain sebagai berikut Namaanda.wordpress.com

1000 Total Views 1 Views Today