7 Plugins Untuk Mengamankan Blog WP Anda

Sampai saat ini masih banyak kesalahpahaman, terutama buat pemula, tentang wordpress. Mereka mengira bahwa wordpress yang saya maksud dan ulas di blog ini adalah wordpress.com… Padahal yang saya bahas adalah wordpress self hosted atau wordpress.org. Jadi jelas banyak yang tidak bisa digunakan di wordpress.com.

Untuk mengelola wordpress self hosted memang tidak lebih mudah dibanding wordpress.com. Masih banyak bug di wordpress self hosted, salah satunya yaitu isu keamanan.

Beberapa waktu lalu 3 blog user kami mengalami serangan spam comment, sehingga menyebabkan load server yang tinggi sampai 100%. Terpaksa kami suspend sementara. Lalu coba saya pindah ke server satunya. Anehnya, tidak menyebabkan load tinggi di server tersebut. Masih jadi tanda tanya.

Keamanan merupakan isu utama bagi semua orang dan membantu melindungi bagian penting dari setiap blog. Dengan menambahkan keamanan, akan membantu untuk membawa ketenangan pikiran kepada pemilik blog maupun pembaca.

Secure Admin – Memungkinkan Anda untuk mengamankan panel admin dengan sertifikat SSL private maupun shared.

Secure File – Menawarkan perlindungan offsite terhadap download file. Membuat pengguna harus login dulu pada blog Anda sebelum download dimulai.

Chap Secure Login – Plugin ini dirancang untuk memberikan Anda kesempatan untuk mengirim sandi yang dienkripsi untuk mencegah intersepsi hacking data dari blog WordPress Anda.

WP Security Scan – Plugin ini dirancang untuk memindai instalasi WordPress Anda untuk menemukan kerentanan keamanan dan menawarkan saran tindakan korektif.

Secure WordPress – Menghapus informasi kesalahan sebagaimana versi wordpress apapun, kecuali di panel Admin. Menambahkan halaman indeks ke direktori plugin dan banyak lagi.

WordPressBackup – Membuat backup database secara harian dan full back up secara mingguan. Kemudian mengirimkan file backup tersebut secara otomatis ke email Anda.

Jangan disuntik Amankan WordPress Anda dari Serangan Injeksi Database (SQL Injection Attacks).

Memang plugins bukanlah satu-satunya cara untuk mengamankan wordpress Anda selain Anda harus mengerjakan secara manual. Kebanyakan plugins malah membuat blog Anda berat. Maka dari itu gunakan plugins yang sekiranya paling Anda butuhkan.

11000 Total Views 3 Views Today