Tidak bisa login cPanel ? Gunakan cPanelProxy

Menyambung artikel saya terdahulu tentang “ga bisa login ke cPanel/ jangan panik dulu“, hal itu terinspirasi karena sayapun mengalaminya sendiri. Waktu itu saya menggunakan salah satu provider CDMA yang sekarang berganti nama.

Saya bisa mengakses cPanel, tetapi tidak bisa login. Selalu muncul tulisan login attempt failed“. Dan setelah dicek di firewall serverpun ternyata IP koneksi yang tengah digunakan tidak sedang terblokir. Bingungkan? padahal username ama passwordnya dah bener.

Hal ini ternyata juga bisa saja terjadi pada koneksi wifi/hotspot maupun GSM/CDMA lainnya.

Selain karena IP yang terus berubah, ada pula tidak bisa akses ke cPanel, webmail atau WHM bisa disebabkan karena port 2982 untuk cPanel, port 2086 untuk WHM dan port 2095 untuk webmail telah terblokir oleh FIREWALL koneksi Anda. Meskipun akses ke web masih lancar-lancar saja.

Itu terjadi karena firewall koneksi Anda memblokir port yang digunakan cpanel dan webmail. Ya otomatis ga bisa login, wong mengakses aja ga bisa :beer:

Hal ini bukan saja membuat repot user, tetapi juga membuat repot hoster karena terus dapat komplain akibat tidak bisa login cPanel. Padahal yang ada masalah adalah di sisi koneksi user.

Oke, daripada harus komplain ke provider ataupun hoster akibat acak IP dinamis ini ataupun karena port yang terblokir, lebih baik kita gunakan solusi berikut, yaitu menggunakan script “cPanelProxy”.

1. Buat subdomain dengan nama cpanel, whm ataupun webmail. (contoh: http://cpanel.domainkamu.com, http://webmail.domainkamu.com, http://whm.domainkamu.com)

2. Download file cpanelproxy disini

3. Upload file cpanelproxy.zip tersebut ke dalam directory folder cpanel, whm dan webmail yang telah Anda buat sebelumnya pada cpanel Anda.

4. Selesai

Silahkan coba akses dan login cpanel.domainkamu.com, whm.domainkamu.com serta webmail.domainkamu.com

Setelah Anda login, lalu logout, lalu login lagi ke cpanel, maka pada sidebar kiri “Last login from” akan terlihat dari ”

Pada saat anda mengunjungi cPanel ‘Last login from’ akan terlihat dari “127.0.0.1 ” yang artinya sama dengan “localhost”. Logis donk karena Anda menggunakan proxy yang terinstal di server itu sendiri. Jadi jangan khawatir terhadap hal ini.

Eits, karena Anda menggunakan script proxy yang terinstal di server itu sendiri, maka dari itu Anda harus hati-hati jangan sampai salah memasukkan username dan password. Jika sampai salah, maka IP server akan terblokir oleh firewall server sendiri. Akibatnya bisa jadi Anda tidak merasakan langsung, tetapi script seperti WHMCS jadinya tidak bisa login ke WHM.
Selamat mencoba!

13627 Total Views 4 Views Today