Tutorial Blogspot Custom Domain : Cara Membuat tanpa www diredirect ke www

Posted on Updated on

Saya beberapa bulan yang lalu menyetingkan costum domain untuk ikutikutan.com dan terakhir untuk berkahbuah.com. Saya heran ketika saya mengakses http://ikutikutan.com kok bisa keredirect ke http://www.ikutikutan.com. Padahal dulu yang menyeting saya juga looh … :beer:

Tapi ketika saya buka http://berkahbuah.com, yang terjadi adalah URL tidak ditemukan. Untuk membukanya harus menuliskan lengkap http://www.berkahbuah.com.

Saya telusuri di google, masih juga belum menemukan cara yang tepat. Ada yang mengatakan harus menggunakan fasilitas domain forwarder di control panel domain. Misal : berkahbuah.com di redirect ke www.berkahbuah.com. Tapi yang terjadi malah hanya halaman BLANK alias putih bersih.

So, saya bandingkan setting DNS (domain di tempat kami sudah ada fasilitas free DNS dan free Domain Forwarders) antara ikutikutan.com dan berkahbuah.com. Yaps.. ketemulah solusinya… :beer: ternyata setting yang benar adalah di ikutikutan.com. Saya menemukan solusi ini sudah beberapa bulan yang lalu, tapi sudah saya lupakan… hehehe. 🙂

Meskipun di dashboard blogspot ada fasilitas untuk redirect ke www, tapi rupanya tidak berfungsi.

http://img168.imageshack.us/img168/3590/costumdomain1.jpg

Daripada puyeng, langsung aja deh…:beer:

Untuk membuat http://berkahbuah.com diredirect ke http://www.berkahbuah.com ternyata hanya menambah CNAME Records saja pada control panel domain.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Masuk ke control panel domain Anda. Anda bisa meminta akses ini kepada admin dimana Anda membeli domain. Nanti akan diberi alamat URL control panel, username dan password account Anda (Costumer).

2.  Cari di tab bagian atas : Product > List Last 10 Domains > Klik pada domain yang Anda ingin setting > Klik DNS Free.

http://img31.imageshack.us/img31/6959/costumdomain2.jpg

Lalu klik tombol “Manage DNS” seperti yang dilingkari merah di atas.

3. Setelah itu akan terbuka halaman POP UP seperti di bawah ini. Anda tidak usah pusing dengan tombol2 spt A Records, AAAA records dst… Yang diperlukan untuk setting costum domain hanya CNAME Records aja. Demikian juga untuk menambahkan redirect tanpa www ke www.

http://img246.imageshack.us/img246/8395/costumdomain3.jpg

Okay… klik aja tombol “Add CNAME Record” seperti pada gambar di atas (b) untuk menambahkan redirect.

4. Isikan seperti gambar di bawah ini.

http://img707.imageshack.us/img707/4870/costumdomain4.jpg

a. Kosongin aja

b. Isikan www seperti pada gambar di atas

Lalu tekan tombol “Modify Record”.

5. Setelah itu akan tampak seperti gambar di bawah ini jika Anda mengisikannya dengan benar. Kalau error, dicoba lagi yach… jangan menyerah deh… 🙂

http://img413.imageshack.us/img413/6435/costumdomain5.jpg

Sippp… selesai…

Tunggu beberapa saat, bisa menit sampai beberapa jam untuk UPDATE DNS. Kalau ga sabaran pingin lihat hasilnya gimana, coba pake proxy aja. Anda bisa coba salah satunya di http://www.unblockertunnel.com/. Seperti gambar di bawah ini untuk uji coba :

1. Ketikkan nama domain tanpa www, misal berkahbuah.com. Laku klik enter aja atau klik “GO”.

http://img205.imageshack.us/img205/8089/costumdomain6.jpg

2. Hasilnya… akan diredirect ke www.berkahbuah.com

http://img189.imageshack.us/img189/6862/costumdomain7.jpg

Kalau tidak terbuka, berarti masih error settingan Anda tadi. Coba ulangin mulai dari langkah pertama lagi.

Tujuan semua ini supaya orang yang terbiasa membuka situs dengan tanpa mengetikkan www di depannya biar tidak kecewa dengan menemukan halaman broken link. Seperti saya contohnya, karena terbiasa membuka blog dengan CMS wordpress (karena wordpress bisa langsung redirect) jadinya sering tanpa mengetikkan www di awalnya. Pas kalau buka blogspot costum domain yang belum disetting, seperti gudangrusak.com, yang didapati adalah halaman OpenDNS alias URL Error.

Tapi beberapa browser memang bisa support dengan mengetikkan tanpa www otomatis diredirect ke www. Mozilla contohnya… tp versi yang berapa saya tidak tahu. Yang pasti mozilla yang saya gunakan tidak support seperti itu. Tapi waktu saya coba tadi di ruang produksi radio kencana fm, mozillanya support redirect otomatis.

Pertanyaan selanjutnya…

Kenapa tidak disetting domainnya tanpa www sekalian?

Bisa aja seih… tapi beberapa blogger lebih menyukai ada www loh… :beer: misalnya www.ikutikutan.com

 

7567 Total Views 2 Views Today

2 thoughts on “Tutorial Blogspot Custom Domain : Cara Membuat tanpa www diredirect ke www

    Fahri said:
    Maret 1, 2015 at 07:58

    Gambarnya tidak kelihatan gan.

    irudini said:
    Maret 22, 2015 at 16:45

    gambarnya mana? lagi kena kasus yang sama nih..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons